PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MAN 2 INDRAGIRI HILIR
Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MAN 2 INDRAGIRI HILIR
Keywords:
indonesia, Sumber Belajar, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MAN 2 Indragiri Hilir. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN 2 Indragiri Hilir yang berjumlah 87 orang dengan menggunkan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang tergolong baik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa hasil dari Uji F menyatakan bahwa F hitung > F tabel (3.10 > 2.579) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan hasil dari uji T diperoleh t tabel 1.606 < t hitung 1.988 (1.606<1.988) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI MAN 2 Indragiri Hilir.
References
Agustina, S., Arief, M., & Fitri, R. (2022). Pengaruh Minat Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(2), 202-213.
Andi Prastowo, 2018. Sumber Belajar& Pusat Sumber Belajar, Depok: Prenadamedia Group
Bambang Warsita,2008. Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Endang Sri Wahyuningsih, 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Yogjakarta: Deepublish
Hana Sakura Putu Arga, dkk. 2019.Sumber Belajar IPS Berbasis Lingkungan, Jawa Barat: UPI Sumedang Press
Sutrisno,2021. Meningkatkan Minat Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran, Malang: Ahlimedia Press
Sugiyono, 2018.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
