PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMK PERBANKAN RIAU
Keywords:
Model Pembelajaran Time Token, Kerja Sama Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kerja sama belajar siswa dengan menarapkan model pembelajaran time token dengan kelas yang menerapkan model konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMK Perbankan Riau. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di SMK Perbankan Riau. Objek penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap kerja sama belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Sampel dalam penelitian adalah siswa kela X MP 1 dan X MP 2 yang berjumlah 44 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotetsis adalah independent sample ttest. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kerja sama dengan menerapkan model pembelajaran Time Token, hal ini dapat ditunjukkan dengan rhitung ≥ rtabel (0,024 < 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini juga dilihat dari persentase kerja sama di kelas eksperimen memperoleh 73,30% sementara dikelas kontrol 71,28%.
References
Abdul Rahman, “Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Riset”. (Pekanbaru: Guepedia, 2021).
Afrelnia Wullandari, Sulparno, Pelngarulh Modell Problelm Baseld Lelarning telrhadap Kelmampulan Karaktelr Kelrjasama Anak Ulsia Dini. Julrnal Pelndidikan Anak Ulsia Dini, Volulmel 4 issulel 2.
Alam S, Elkonomi Bisnis SMK Kellas X Bidang Kelahlian Bisnis & Manajelmeln. (Jakarta: Elrlangga, 2021).
Anas Suldijono, Pelngantar Statistik Pelndidikan, (Jakarta: Rajawali Pelrs, 2015).
Ardi Wira Kusuma, “Meningkatkan kerjasama siswa dengan metode jigsaw dalam bimbingan klasikal”. Vol. 7, No. 1, 2018.
Aris Shoimin, 68 Modell Pelmbellajaran Inovatif dalam Kulrikullulm 2013, (Yogyakarta: Ar-Rulzz Meldia, Celtakan 2020).
Astuti, dkk. “Analisis Kepuasan Mahasiswa TerhadapPelayanan Adminitrasi Akademik dan Kemahasiswaan”. Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol 17, No 2. November 2020.
Bulchari Alma, Gulrul Profelsional, (Bandulng: Alfabelta, 2010).
Dewa Ayu Indra Wahyuni, dkk, Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. JP2, Vol 1 No 3. 2018.
Dewi sari dan Usmadi, “Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Time Token Disertai Pemberian Kuis Dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 4 No. 2, Desember 2017.
Dwi Ratna Ningzaswati, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VI SD”. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 5 Tahun 2015.
Dr. Sulbana, M.Pd, dkk, Statistik Pelndidikan, (Pulstaka Seltia Bandulng, 2000).
Gita Rahmawati dan Jamil Sulprihatiningrulm, “Pelngarulh Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel Makel A Match Telrhadap Nilai Kelrjasama Dan Hasil Bellajar Kognitif Kimia Siswa Kellas X Sman 1 Bambanglipulro Bantull”. J. Kaulnia Vol. X No. 2, Oktobelr 2014.
Hariyati ZL, Alimulddin Mahmuld dan Rohana, “Pelngarulh Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel Jigsaw Telrhadap Kelrjasama Siswa Kellas V SD”. NSJ: Nulbin Smart Joulrnal, Vol 1, No 1, Delselmbelr 2021.
Hartono, Statistik ulntulk pelnellitian, Yogyakarta: Pulstaka Pellajar, 2008.
Jurnal hendra riofita, 2022, “memicu kesediaan mahasiswa untuk merekomendasikan jurusan pendidikan ekonomi, vol 6, no 1, tahun 2021.
Masitha Intan Sahara “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sdn Gugus Iv Kec.Turi Kab.Lamongan”. Jurnal PGSD Vol. 07 No. 07, 2019.
Maullana Arafat Lulbis, dkk. Modell-Modell Pelmbellajaran PPKn Di SD/MI. (Yogyakarta: Samuldra Birul (Anggota (IKAPI) 2022).
Maulidya, nur laila meilani, “Efektivitas implementasi sop pelayanan publik.”. Jurnal Adminitrasi Pembangunan, Vol. 2, No. 2 .2014.
Miftahull Hulda, Modell-Modell Pelngajaran Dan Pelmbellajaran, (Yogjakarta: Pulstaka Pellajar, 2014).
Miftahull Hulda. Coopelratif Lelarning: Meltodel, Telknik, Strulktulr dan Modell Telrapan. (Yogyakarta: Pulstaka Pellajar, 2011).
Mulwafik Salelh, 2012. Melmbanguln Karaktelr Delngan Hati Nulrani,(Jakarta: Elrlangga).
Nina Nulrhasanah, Elrman Sulhelrman dan Pulji Buldi Lelstari. “Pelngarulh Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel Timel Tokeln telrhadap Pelningkatan Kelmampulan Elksplorasi Matelmatika pada siswa”. Julrna ElDUlCAREl Vol. 11, No. 2, Dels, 2013.
Nulrull Zulriah, Pelndidikan Moral dan Buldi Pelkelrti, (Jakarta: Bulmi Aksara, 2015).
Oktavia Nardiani, dkk. Penerapan Pembelajaran Metode Time Token Arends (Tta) Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 4 Di Sman 1 Batu. JPE-Volume 8, Nomor 2, 2015.
P. S. Githa, I.M. Sulgiarta, dan I. W. P. Astawa, “Pelngarulh Modell Pelmbelleljaran Koopelratif Tipel Timel Tokeln Telrhadap Kelmampulan Komulnikasi Dan Aktivitas Bellajar Siswa Kellas VIII SMP Nelgelri 2 Singaraja”. Julrnal Pelndidikan Matelmatika Ulndiksha, Volulmel X No 2, Agulstuls 2019.
Relni Akbar Hawadi, dkk, 2006. Belkelrjasama: Aktivitas ulntulk Melndorong Anak Sulka Belkelrjasama, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Pelrsada).
Ridulwan, Skala Pelngulkulran Variabell-variabell Pelndidikan, (Bandulng: Alfabelta, 2012).
Rulsman, Modell-Modell Pelmbellajaran: Melngelmbangkan Profelsionalismel Gulrul, (Jakarta: Rajawali Pelrs, 2021).
Septri Wahyuningrum, dkk. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token”.Jurnal PGSD FKIF Universitas Sebelas Maret, 2014/2015.
Sri Ultami, Meltodel Pelmbellajaran Timel Tokeln, (Cirelbon: Wiyata Belstari Samasta, 2022).
Sri Wiranti Seltiyanti , Melmbanguln Kelrja Sama Tim (Kellompok). Julrnal Stiel Selmarang, Vol 4, No 3, Eldisi Oktobelr (2012).
Suharsimi Arikunto, “Dasar-Dasar Evaluaisi Pendidikan. (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabet, 2017).
Sugiyono, “metode penelitian pendidikan”, Bandung. Alfabeta, 2012.
Sulhelrman, Elvalulasi Pelmbellajaran Matelmatika, FMIPA –JICA UlPI, Bandulng, 2003.
Tabrani dan Mulhammad Amin. “Julrnal Pelndidikan Dan Konselling “. Volulmel 5 Nomor 2 Tahuln (2023).
Trianto Ibnul Badar Al-Tabany, Melndelsain Modell Pelmbellajaran Inovatif Progrelsif. (Jakarta : Kelncana, 2015).
Ulstadi Basulki, “Pelngarulh Buldaya Dan Iklim Organisasi Telrhadap Kelpulasan Kelrja Selrta Dampaknya Pada Kinelrja Karyawan Divisi Produlksi Pt Smul Jakarta”. Julrnal Meldia Stidi Elkonomi, Vol. 1 No. 1, 2016.
Wahyudi, Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Kadikma, Vol.13, No. 1, 2020.