DESAIN DAN UJI COBA TERBATAS MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Tiara Sri Dasneri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Wardani Purnama Sari Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Buku saku berbasis mind mapping, Ketenagakerjaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Saku Berbasis Mind Mapping pada materi Ketenagakerjaan untuk kelas XI di SMAN 8 Mandau dengan melakukan uji tingkat validitas yang berdasarkan aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan, serta mengetahui praktikalitas Buku Saku Berbasis Mind Mapping. Jenis penelitian ini menggunakan metode R&D (Reseacrh and Development) penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, design, development, implementation, and evaluation). Instrumen pengumpulan data berupa lembar validitas yang di isi oleh 2 orang validator yang mana hasil yang diperoleh kategori valid dengan memenuhi aspek kelayakan isi 96%, aspek kebahasaan 94%, aspek penyajian 100%, dan aspek kegrafisan 85%. Sedangkan Buku Saku berbasis Mind Mapping yang sudah valid di uji cobakan kepraktisannya dengan memperoleh persentase skor dari respon pengguna oleh guru sebesar 98,75% dan persentase rata-rata oleh peserta didik sebesar 94,97% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa buku saku berbasis mind mapping yang dikembangkan valid dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pada materi ketenagakerjaan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Proseldur Pelnellitian Pelndelkatan Praktik. Yogyakarta: Rinelka Cipta

Arsyad, Azhar (2011). Meldia Pelmbellajaran. Jakarta: Rajawali Pelrs

Buzan, Tony. 2006. Buku Pintar Mind Map. Jakarta:Gradelsain Pustaka Utama BNSP. 2014.

Pelrmelndikbud Nomor 59 Tahun 2014 telntang Standar Prosels Pelndidikan Dasar dan Melnelngah. Kelmelndikbud. Jakarta.

Chumidatus Sa„diyah dan Dadang Argo P. 2009. Elkonomi 2 Kellas XI SMA dan MA. Jakarta: Pusat Pelrbukuan Delpartelmeln Pelndidikan Nasional.

Dick W.Carely, L And Carely.J.O, Thel Systelmatic Delsign of Intruction, Colombus, Ohio: Pelarson, 2009

Dyah Agustin, dkk. 2018. Pelngaruh Meltodel Mind mapping Telrhadap Kelmampuan Pelmahaman Konselp Matelmatis dan Motivasi Bellajar Siswa SMP Nelgelri 5 Prabumulih. Jurnal Pelndidikan Matelmatika RAFA. Vol.4 No.1.

Fahrudin Arrozi dan Keltut Sutrisna. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Melmpelngaruhi Lama Melncari Kelrja Bagi Telnaga Kelrja Telrdidik di Kota Delnpasar. El-Jurnal ElP Unud. Vol.7 No.12

Feby Rizka Ayuning Wulandari, Novi Ratna Dewi, dan Isa Akhlis. 2013. Pengembangan CD Interaktif Pembelajaran IPA Terpadu Tema Energi dalam Kehidupan untuk Siswa SMP USEJ.

Hamid Hamdani. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Indriana Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Iskandar Wiryokusumo. (2011). Dasar-dasar Pelngelmbangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Jelpi Adianto dan Muhammad Feldryansyah. 2018. Pelningkatan Kualitas Telnaga Kelrja Dalam Melnghadapi Aselan Elconomy Community, Jurnal Pelkelrjaan Sosial, Vol.1 No.2.

Kelmelndikbud. 2020. Buku saku (Delf.1) (n.d). Dalam Kamus Belsar Bahasa Indonelsia (KBBI)Onlinel.Diaksels mellalui https://kbbi.kata.welb.id/bukusaku.

Kurniawati Yenni. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Bidang Ilmu Pendidikan Kimia. Pekanbaru: CV. Cahaya Firdaus

Lestari Dwi Adis. 2018. Pengembangan Buku Saku Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Prakarya Aspek Pengolahan Materi Pengolahan Serealia dan Umbi di SMP Negeri 4 Kalasan. Jurnal Pendidikan Teknik Boga.

Mufidah Akhtinatun. 2016. Pengembangan Buku Saku sebagai Bahan Ajar Geografi pada Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Bagi Kehidupan di Kelas X IPA SMA Negeri Gendongan.

Lisnawati, M. Khoiru Amri, dan Elka Fitria Ningsih. “Pelngelmbangan Bahan Ajar Buku Saku Matelmatika Belrbasis Mind Mapping Pada Matelri Statistika.” Attractivel, Innovativel Elducation Journal, no. 1 (2019): 53-72.

Mellyanti, Sri. Pelngelmbangan Delsain Buku Saku belrbasis Mind mapping untuk pelmbellajaran elkonomi kellas XI, (UNM)

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Bellajar Selbagai Deltelrminan Hasil Bellajar Siswa. Pelndidikan Manajameln Pelrkantoran.

Nurrita, T. (2018). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Untuk Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa. Misykat, 172.

Norma Kusmintayu, dkk. 2012. Pelnelrapan Meltodel Mind mapping Untuk Melningkatkan Keltelrampilan Belrbicara Pada Siswa Selkolaah Melnelngah Pelrtama. Jurnal Pelnellitian Bahasa Sastra Indonelsia dan Pelngajarannya. Vol.1 No.1.

Prastowo Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Riska Franita, Analisa Pelngangguran di Indonelsia. 2016. Jurnal Ilmu Pelngeltahuan

Sosial, Vol.1 No.1.

Sanjaya, W. (2011). Stratelgi Pelmbellajaran Belrorielntasi Standar Prosels Pelndidikan. Jakarta: Prelnada Meldia.

Sugiyono. 2017. Meltodel Pelnellitian Pelndidikan. Bandumg: Alfabelta.

Sugiyono. 2013. Meltodel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabelta.

Sulistiowati Annur. Pengembangan Desain Buku Saku pada mata pelajaran Matematika materi Geometri dan Aritmatika SD/MI.

Susanto Windura. 2008. Mind Map For Business Effectiveness. Jakarta: Gradesain.

Wahyuni Sri. 2015. Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP. Vol.2 No.5

Warsita, Bambang. 2011. Analisis Sistelm Bellajar. Modul Diklat JF-PTP: Kelmelndikbud

Wiryokusumo, Iskandar. 2011. Hakikat Pengembangan dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2024-12-31

How to Cite

Dasneri, T. S. ., & Sari, W. P. (2024). DESAIN DAN UJI COBA TERBATAS MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI . Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(3), 88–94. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/4024