PENGARUH IQ (INTELLEGENCE QUOTIENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR
Keywords:
Intellegence Quotient , Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa terdapat pengaruh IQ terhadap Hasil Belajar, peneltian ini menggunakan analisis kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 102 responden, metode sampel adalah total sampling. Instrumen pengumpulan data terdiri dari psikotes dan post-test . Pada uji regresi sederahan, hasil uji normalitas data berdistribusi normal memiliki sig= 0,115> 0, 05 dan variabel Y yaitu hasil belajar memiliki Sig= 0, 800> 0,05, hasil uji homogenitas diketahui Levene Statistic adalah 24, 099 dengan probabilitas atau signifikan 0, 573> 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data Psikotes sebagai tingkat IQ ( Intellegence Quotient ) dan data Hasil belajar bersifat homogen , uji regresi thitung yaitu 13,258 > t tabel yaitu 1,660. nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,0, nilai R squer 0, 637. Maka variabel X mampu mempengaruhi variabel Y sebesar 63,7 % .
References
Adi Sulistyo, dkk. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Statistik Teori Implemntasi Dan Praktis Dengan SPPS.Yokyakarta : Cv. Andi Offset.
Afif Mrtie,Dkk. 2013. 99.9% Lulus Psikotes. Jakarta: Cerdas Interaktif.
Aisyah Angrgraieni, dkk. 2022. Menenuju Tantanan Dunia Baru. Suka Bumi : Cv Jejak.
Andhika wirabhakti. Pengaruh kecerdasan intellegtual dan motivasi belajar terhadap pretasi belajar peserta didik. Jurnal manajemen pendidikan islam. Vol. 4.
Andrea Gideon,Se.,M.M,dkk.2022.Metode Penelitian Pendidikan (Kajian Teoritis Dan Praktis Bagi Mahasiswa). Sukoharjo: Cv Pradina Pustaka Grup.
Anim Purwanto. 2021. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif Teori Dan Contoh Praktis. Nusa Tenggara Barat:
Pusat Pekembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.
Arif Ganda Nugroho, dkk. 2021. Mewujudkan Kemandirian Indonesia Melalaui Inovasi Dunia Pendidikan.. Cirebon : Insania.
Ayu Lestari, dkk. Pengaruh Intellegence Quotient (IQ), Dan Emotional Spritual Quotient (Esq) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Sekota Semarang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 4.No. 3 Mei 2021. Bambang Sudaryana, D. E., M.Si., M. AK., C. IEA, Dkk., Januari 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif . Yokyakarta : Cv. Budi Utama.
Bili Nugraha, dkk. Januari 2022. Pengembangan Uji Statistik. Sukoharjo : Cv. Pradina Pustaka Grup.
Dr. Alia Ardyan, Se., MBA. November 2023. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Pendekatan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif Dibagai Bidang. Jambi : PT.Sonpedia Publishing IndonesiaDr. Elvera, SE, Dkk. 2021. Metodologi Penelitian. Yokyakarta : Cv Andi Offset.
Dr. Febri Endra, B.S,. M..Kes. 2017. Pedoman Metodologi Penetian ( Statistik Praktis ). Taman Sidoarjo : Zifatama Jawara.
Dr. H. Abu Ahmadi. 2018. Pisikologi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Dr.H. Syamsu Yusuf Ln., M. Pd. 2011. Psikologi Perkembangan Dan Remaja. PT. Rosdakarya.
Dr. H.Syuardi Syam,. M. Ag. Agusutus 2015. Pisikologi Prkembangan Peserta Didik”. Yoyakarta : Zanafa Publishing.
Dr. Hasrian Rudi Setiawan, M.Pd Dan Achamd Bahtiar, M. A. Januari 2023. “Metode Role Play Upaya Peningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik . Medan : Umsu Press.
Dr. Julhadi, M. A.2020. Hasil Belajar Peserta Didik. Jawa Barat : Edu Publisher.
Dr.Khusnul Wardan, M.Pd. 2019. Guru Sebagai Profesi. Yokyakarta: Cv.Budi Utama.
Dr.Lindah Roasalina, S.Ked., M.Biomed. dkk. Februari 2021. Buku Ajar Statistik. Padang : Cv. Muharika Rumah Ilmia.