PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI TUAH KEMUNING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
Keywords:
: wondershare filmora, unemploymentAbstract
Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yan menggunakan masalah didunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment yang dilakukan dua kelas, yaitu kelas Eksperiment dan kelas kontrol group dengan desain posttest.Adapun tempat pelaksanaan penelitian adalah di SMA Negeri Tuah Kemuning. Subjek Penelitian Adalah Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri Tuah Kemuning. Sedangkan Objek Penelitian Ini Adalah Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri Tuah Kemuning tahun pelajaran 2023/2024 yaitu sebanyak 72 yang terdiri dalam 2 kelas yaitu kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2. Teknik pengumpulan data ada tiga yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil rekapitulasi observasi penerapan pembelajaran Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas eksperimen dilakukan oleh guru dengan sangat baik dengan persentase sebesar 96,8%. Hasil pengujian hipotesis sample test (uji hipotesis) menunjukan bahwa nilai probabilitas (signifikansi) adalah .011. Karena nilai signifikansi 0.011< α = 0.05, maka Ho ditolak.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Akhmad Yazidi, Jurnal Memahami Model Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013
David Esema Dkk, Problem Based Learning Satya Widya, Vol 28,No 2, Desember (2021)
Eka Yulianti Dan Indra Gunawan, Jurnal Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Berpikir Kritis. Volume 2, Nomor 3, (2019)
Hiysam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Insane Madani, 2008, hlm.169
Husnul Khotimah, jurnal edukasi volume 7 nomor 3 tahun (2020)
Ngalimun S.Pd.,M.Pd, 2014, Strategi Dan Model Pembelajaran, Aswaja Pressindo. Sleman Yogyakarta
M. Taufik Amir, 2016, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Kencana, Jakarta 13220
Nurkholis, Jurnal Kependidikan Vol.1 No 1 (November 2013)
Putri Dewi Anggaraini, Siti Sri Wulandari, Jurnal Pendidikan Adiminstrasi Perkantoran (JPAP) Volume 9, Nomor 2, Tahun (2021)
Ricu Sidiq, M.Pd Dkk, 2021, Model-Model Pembelajaran Abad 21, CV. AA. RIZKY, Kota Serang-Banten,
Rukriminingsih,M.Pd Dkk, Mei 2020, Buku Metodologi Penelitian, Erhaka Utama,
Sudijono,Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.