PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI TERINTEGRASI AL-QUR’AN DAN HADIST PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AL-FITYAH PEKANBARU

Authors

  • Jeny Tri adiva Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • M Iqbal Lubis Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Development, Economics Module, Integrated, Al-Qur’an, Hadist

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat validitas, praktikalitas, dan respon peserta didik terhadap modul pembelajaran ekonomi terintegrasi Al-Qur’an dan Hadist  yang dikembangkan pada materi kegiatan ekonomi. Penelitian ini R&D dengan model pengembangan 4-D (define, design, develoment, dissaminate). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan tingkat validitas produk modul  dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 95% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli materi memperoleh rata-rata 96% dengan kriteria sangat valid, dan validasi oleh ahli integrasi Al-Qur‘an dan Hadits memperoleh rata-rata 91% dengan kategori sangat valid. Tingkat praktikalitas produk yang dikembangkan adalah sangat praktis berdasarkan hasil praktikalitas oleh guru yang memperoleh nilai rata-rata 95%. Serta modul ekonomi terintegrasi Al-Qur‘an dan Hadits pada mata pelajaran ekonomi mendapat respon baik dari peserta didik berdasarkan uji respon peserta didik yang dilakukan di SMAIT Al-Fityah Pekanbaru pada 43 peserta didik  kelas X yang memperoleh rata-rata 90% dengan kategori baik.

References

Aditia, M taufik, Novianti muspiroh. (2013). Pengembangan modul pembelajaran berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan islam (salingtemasis) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep ekosistem kelas x di sma nu (nadhatul ulama) lemahabang kabupaten cirebon. jurnal scientiae education, 02 (2).

Astuti, mardiah, fajri ismail. (2021). “Studi inovasi dan globalisasi pendidikan suatu pendekatan teoritis dan riset dilengkapi contoh hasil R&D bahan ajar”. Yogyakarta :CV Budi utama.

Beik, Irfan Syauqi. (2016). “Islamisasi ilmu ekonomi”, islameconomic,jurnal ekonomi islam 26 (2).

Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 173.

Nurdiansyah, Diana, Herlan Firmansyah. (2016). Aktif dan Kreatif Belajar Ekonomi. Bandung:Grafindo.

Nurhidayat. (2018). “Integrasi ilmu pada program studi manajemen perbankan syariah dan pengaruhnya terhadap kompetensi lulusan”. Jurnal ekonomi islam 9 (2).

Rahmi, Elfita, Nurdin Ibrahim, Dwi ksuumawardani.(2021). “Pengembangan modul online sistem belajar terbuka dan jarak jauh untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada program studi teknologi pendidikan”. Jurnal Visipena 12 (1).

Ridwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015) “Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, Angga. (2020). “Integrasi ekonomi dalam islam”. Jurnal JESKaPe 4 No.1.

Ulfa, Rafika. (2021). “Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan”. Al-Fathonan: jurnal pendidikan dan keislaman.

Ummah, Solihatun, Muh. Fahrurrozi, Rohaeniah zain. (2018). “Pengembangan bahan ajar ekonomi terintegrasi ayat-ayat al-qur’an dan Al-hadist pada siswa kelas X di MA darussholihin nw kalijaga lombok timur”. JPEK 2 (1).

Yuberti. (2014). “Teori pembelajaran dan pengembangan bahan ajar dalam pendidikan”. Bandar lampung: Anugrah utama raharja (AURA).

Yusuf, Kadar M. (2020). “Model kurikulum terintegrasi ilmu ekonomi dan islam serta implementasinya dalam proses pembelajaran”. Jurnal pendidikan dan studi islam 6(1), 4.

Zain, Zarima , Rian vebrianto. (2017). “Integrasi keilmuan sains dan islam dalam proses pembelajaran rumpun IPA” . Jurnal Seminar nasional teknologi informasi,komunikasi dan industri (SNTIKI) 9 .703.

Zarkasih, Yusuf, K. M., Hasanuddin, & Susilawati. (2017). “Pengembangan Model Integrasi Sains Dengan. Research Report.

Published

2024-12-31

How to Cite

Tri adiva, J. ., & Lubis, M. I. (2024). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI TERINTEGRASI AL-QUR’AN DAN HADIST PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AL-FITYAH PEKANBARU. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(3), 62–73. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/3670