PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 RIMBA MELINTANG

Authors

  • Surya Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ansharullah Korespondensi - Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

pendidikan, lStrategi lActive lLearning lTipe lIndex lCard lMatch, Hasil belajar dan ekonomi

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui Pengaruh Strategi Active Learning Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rimba Melintang. Penelitian menggunakan metodologi kuasi-eksperimental dan bersifat kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Rimba Melintang, Objek penelitian adalah Strategi Active Learning Tipe Index Card Match. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil rekapitulasi observasi penerapan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match kelas eksperimen dilakukan oleh guru dengan sangat baik yaitu dari 53,75% (cukuup baik) meningkat ke 90 (Sangat baik) dan hasil rekapitulasi observasi kegiatan siswa dari 43,75% meningkat ke 91,25%. Hasil hipotesis di peroleh nilai probabilitas (sigifikansi) adalah .011. Karena nilai signifikansi 0.011< α = 0.05, maka Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Rimba Melintang

 

References

A.F Bima Dan Widodo “Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termodinamika”, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 8, No. 1 2017

Arsyi Mirdanda, Motivas Berprestasi & Disiplin Pesera Didik (Pontianak: Yudha English Gallery, 2018)

Aunurrahman, Belajar Dan Pembelajaran (Bandung: Alfabeta, 2019)

Depag, Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. (Jakarta: Direktorrat Jendral Kelembagaan Islam, 2005),

Elza Firanda Riswani And Ani Widayati, Model Active Learning Dengan Teknik Learning Starts With A Question Dalam Peningkatan Keactivean Peserta Didik Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas Xi Ilmu Sosial 1 Sma Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012‘, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol 10, No 2, 2012

Erlando Dan Dwi. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Icm (Index Card Match) Terhadap Hasil Belajar Matematika ( Jurnal Pendiidkan Vol.5 No.1,2020)

Faturrohman, Pupuh. Sutikno, M. Sobry. Strategi Belajar

Hartono, Kamus Praktis Bahasa Indonesia,(Jakarta: Rienika Cipta, 1996)

Ika,Dkk. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar ( Jurnal Basicedu Vo.4 No.4,2020)

Irna Permata Sari, (2020): Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar, Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Vol 370 Pendidikan

Marzuki Dan Agustina Suli, “Pengaruh Strategi Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X Sma Negeri 1 Kelam Permai” Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Vol.2, No. 2 2018

Melvin L. Silbermean, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Terjemahan Raisul Muttaqien (Bandung: Nuansa Cendekia, 2009)

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologis Proses Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)

Riris Nur Kholidah Rambe, Nur Kholidah Rambe,” Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”, Jurnal Tarbiyah, Vol. 2, No.1, Januari-Juli 2018

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana, 2008)

Sardiman AM, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)

Silberman, Melvin L. . 1996. Active Learning: 101 Strategies To Teach Any Subject. Terjemahan Muttaqien, Raisul. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (Bandung: Nusamedia, 2006)

Sinar, Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keactivean Dan Hasil Belajar Siswa, Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2018, H. 36.

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (Jakarta: Rineka Cipta, 2015)

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010). Hlm. 2

Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta, 1990). Hlm. 98-99

Sudjana, Nana. CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. (Bandung: Sinarbaru, 1989).

Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. (Yogyakarta: 2013 Hlm. 120

Syah, Muhimbbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002). Hlm. 136

Syaiful Bahri Djamarah Dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010, Hlm. 107

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2005).Hlm. 7

Yendri Wirda Dkk, Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa (Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2020), Hlm. 7.

Yuni Dan Yunisrul. Pengaruh Strategi Active Learning Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III Sekolah Dasar ( Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol.8 No.9,2020)Hal.40

Zaini, Hisyam, Dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. (Yogyakarta: Pustaka Insani Madani, 2008). Hlm. 67

Downloads

Published

2024-07-07

How to Cite

Surya, & Ansharullah. (2024). PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 RIMBA MELINTANG. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(2), 91–104. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/3287