Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 2 No. 2 (2023): Journal of Natural Science Learning

E-Modul Berbasis Literasi Lingkungan Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa

Submitted
16 May 2023
Published
28-07-2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya bahan ajar yang menarik dan masih jarangnya bahan ajar berupa e-modul yang berbasis literasi lingkungan pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Tujuan penelitian adalah untuk mengukur validitas, praktikalitas dan efektivitas e-modul berbasis literasi lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development), yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu front-end analysis (investigasi awal), prototyping (pengembangan produk) dan assessment (penilaian), karena itu penelitian ini menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk. Subjek penelitian yaitu validasi oleh validator dan praktikalitas dilakukan oleh guru IPA, serta siswa kelas VII SMP/MTs  sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, data kualitatif menggunakan metode Miles dan Huberman . Berdasarkan data hasil penelitian e-modul berbasis literasi lingkungan pada materi ekosistem untuk siswa kelas VII SMP/MTs, yang dikembangkan menunjukkan hasil 89% yang termasuk dalam kriteria valid, berdasarkan penilaian oleh praktisi tenaga pendidik IPA dan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 23 Pekanbaru menunjukkan hasil 93% yang sangat praktis untuk digunakan dalam proses belajar mengajar IPA SMP/MTs, dan berdasarkan uji One-Sample T Test maka diketahui bahwa nilai sig 0,000. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 (sig 0,000 < 0,05) dengan  kategori baik atau efektif. E-modul berbasis literasi lingkungan tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi ekositem. Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis literasi lingkungan ini dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan wawasan lingkungan siswa.

Kata kunci: E-Modul, Literasi Lingkungan, Ekosistem