Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Natural Science Learning

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Di Pondok Pesantren Anshor Al-Sunnah

Submitted
13 March 2022
Published
31-07-2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Penelitian dilakukan oleh penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pre-eksperimental design dengan bentuk desain one group pretest-posttest. Pada penelitian ini, menggunakan keempat langkah-langkah penelitian dikarenakan keempat langkah tersebut saling berhubungan. Pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kreatif yang sudah divalidasi oleh ahli. Pengumpulan data melalui soal tes keterampilan berpikir kreatif, lembar observasi dan angket tanggapan siswa. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji N-gain, uji normalitas dan uji hipotesis one sample t test sedangkan lembar observasi dan angket tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptip. Rata-rata N-Gain ialah sebesar 72,77% dengan kategori tinggi. Sedangkan nilai signifikan uji normalitas pretest keterampilan berpikir kreatif siswa yaitu sebesar 0,575 dan nilai signifikan uji normalitas posttest keterampilan berpikir kreatif siswa yaitu sebesar 0,314 dan data terdistribusi normal. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi getaran, gelombang dan bunyi.