Pengembangan Media Komik Sains Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia di Mts Al-Muttaqin Pekanbaru

Authors

  • Jannatul Aulia UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Zarkasih UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

pengembangan, media pembelajaran, komik sains, sistem pernafasan manusia

Abstract

Suatu proses pembelajaran dapat berjalan lancar apabila tepat dalam pemilihan unsur, seperti pemilihan media pembelajaran, media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran contohnya adalah komik. Tujuan dari penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk media pembelajaran berupa komik sains pada materi sistem pernafasan manusia, mengetahui validitas komik dan praktikalitas penggunaan media tersebut. Pengembangan media komik dilakukan dengan metode Research and Development (R and D) dengan mengadaptasi pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi dari Sugiyono, dibatasi hanya pada langkah ketujuh karena pertimbangan keterbatasan waktu dan biaya. Adapun hasil validitas komik dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi ahli media dengan memperoleh nilai rata-rata 89%, dan ahli materi memperoleh nilai rata-rata 94% dengan kategori seluruh penilaian dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan. Selain itu berdasarkan uji praktikalitas oleh guru IPA dinyatakan bahwa media komik yang dihasilkan sangat praktis digunakan peserta didik dalam pembelajaran, dilihat dari skor total dengan nilai rata-rata 93% tanpa direvisi, dan berdasarkan uji praktikalitas peserta didik dalam uji lapangan terbatas kepada peserta didik sebanyak 24 siswa diperoleh nilai rata-rata 93,4% sehingga dinyatakan sangat praktis, hal ini dapat disimpulkan bahwa produk sains materi pernafasan manusia dinyatakan sangat praktis dan mudah digunakan sebagai media pembelajaran praktis bagi peserta didik, selain itu media ini lebih menarik untuk pembelajaran.

Downloads

Published

31-07-2022

How to Cite

Aulia, J., & Zarkasih. (2022). Pengembangan Media Komik Sains Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia di Mts Al-Muttaqin Pekanbaru. Journal of Natural Sciences Learning, 1(1), 10–18. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JNSL/article/view/6