Desain Dan Uji Coba Permainan Element Adventure Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Kimia Unsur
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran disekolah, yang membuat siswa menjadi kurang termotivasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain permainan element adventure berbasis android sebagai media pembelajaran kimia unsur yang valid dan praktis berdasarkan uji validitas oleh ahli materi dan ahli media, dan uji praktikalitas oleh guru mata pelajaran dan respon peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D, namun penelitian ini hanya sampai tahap Develop. Penelitian ini dilakukan di SMAN 05 Tapung. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket uji validitas dan praktikalitas. Objek penelitian ini adalah kelayakan permainan element adventure berbasis android sebagai media pembelajaran kimia unsur dan subjek penelitian ini adalah 1 orang validator ahli materi, 1orang validator ahli media, 2 orang guru kimia dan 12 orang siswa kelas XII MIPA. Hasil uji kelayakan media permainan element adventure menunjukkan media sangat baik berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi yaitu sebesar 87,5%, ahli media 94%. Respon tanggapan guru menunjukkan media sangat baik dengan persentase 91%. Selanjutnya respon peserta didik menunjukkan media sangat baik dengan persentase hasil yaitu 90,6%. Berdasarkan perolehan hasil uji validasi, praktikalitas dan respon siswa tersebut maka disimpulkan bahwa media permainan element adventure berbasis android sangat layak serta menarik digunakan sebagai media pembelajaran pada materi kimia unsur.