Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP/MTs Berbasis ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan
Keywords:
modul, ICARE, interaksi makhluk hidupAbstract
Modul berbasis ICARE yang dikembangkan dalam penelitian ini didasari kurangnya bahan ajar dalam proses pembelajaran IPA dan kesulitan peserta didik untuk memahami materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP Negeri 1 Tualang. Peranan bahan ajar ajar sangat penting untuk keberlangsungan proses pembelajaran IPA di kelas. Hal ini dikarenakan pemanfaatan bahan ajar mempunyai banyak keunggulan, salah satunya yaitu pada saat proses pembelajaran mendorong peserta didik secara aktif serta menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran akan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar modul berbasis ICARE pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode R & D (Research and development) model pengembangan Sugiyono dan dibatasi hingga tahap tujuh karena keterbatasan dalam penelitian. Hasil validitas kelayakan isi dan ICARE memperoleh nilai sebesar 88%, kelayakan penyajian memperoleh nilai sebesar 97%, kelayakan kegrafikan memperoleh nilai sebesar 92% dan kelayakan bahasa memperoleh nilai 95% dengan perolehan ini modul dinyatakan sangat valid dan layak untuk di ujicobakan. Modul berbasis ICARE pada materi interaksi makhluk hidup dinyatakan sangat praktis untuk digunakan yang dibuktikan dengan hasil praktikalitas sebesar 96% tanpa revisi. Berdasarkan uji respon peserta didik dalam uji lapangan terbatas diperoleh nilai keseluruhan sebesar 95% sehingga dinyatakan sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa modul berbasisi ICARE pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar di SMP Negeri 1 Tualang.