PENGEMBANGAN KOMIK SAINS TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SMP PADA MATERI ZAT ADITIF PADA MAKANAN
Keywords:
science comics, islami values, science learning, additive materialAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan dan respon siswa terhadap komik sains yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman dalam bahan tambahan pangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Borg and Gall. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner. Kuesioner diberikan kepada 2 orang validator, ahli materi, ahli media, dan 1 ahli integrasi. 2 guru IPA, dan 10 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas komik sains terpadu nilai keislaman pada bahan tambahan makanan di kelas VIII SMP yang dirancang dinyatakan valid dengan persentase validitas sebesar 79,13%, dengan rata-rata validitas sebesar 79,13%. ahli materi dan ahli media menjadi 87,30% dan 73,5%,. Tingkat kepraktisan komik IPA terintegrasi nilai Islami dalam bahan tambahan makanan untuk kelas VIII SMP yang dirancang sangat praktis dengan penyajian praktis sebesar 80%.Tingkat kepraktisan komik IPA terintegrasi dengan nilai Islami dalam bahan tambahan makanan kelas VIII SMP terhadap respon siswa diperoleh presentasi kepraktisan sebesar 96,77%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa respon siswa kelas VIII SMPN 1 Bangkinang sangat baik atau positif terhadap komik sains yang diintegrasikan dangan nilai keislaman.