Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa SMP Kelas VIII
Keywords:
instrumen tes, literasi sains, sistem pernapasanAbstract
Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Tualang dengan 20 peserta didik dikelas IX. Penelitian ini memiliki dua jenis tujuan, tujuan pertama yaitu untuk menghasilkan produk berupa instrumen tes literasi sains untuk siswa SMP dengan materi sistem pernapasan manusia, tujuan kedua yakni mengetahui validasi konten dan validasi uji soal.. Penelitian dan pengembangan instrumen tes ini menggunakan tahapan Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahapan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Adapun hasil dari validasi konten sebagai berikut, yang pertama yaitu hasil validasi oleh 3 dosen validator ahli instrumen dan didapatkan nilai rata-rata sebesar 82,50% dengan kategori sangat valid, yang kedua yaitu hasil dari praktikalitas oleh 2 guru IPA di SMPN 6 Tualang dan didapatkan nilai rata-rata sebesar 91,15% dengan kategori sangat praktis, yang ketiga yaitu hasil dari praktikalitas 20 peserta didik dikelas IX dan didapatkan nilai rata-rata sebesar 84,79% dengan kategori sangat baik. Kemudian peneliti mendapatkan hasil dari uji coba 30 soal instrumen tes literasi sains sebagai berikut, yang pertama hasil uji validitas instrumen tes didapatkan bahwa 25 soal valid dan 5 soal tidak valid, yang kedua hasil uji reliabilitas instrumen tes didapatkan nilai sebesar 0,67 yang termasuk dalam kkriteria reliable dan kategori tinggi, yang ketiga hasil uji tingkat kesukaran soal instrumen tes didapatkan dengan kategori mudah terdapat 2 soal, dengan kategori sedang terdapat 20 soal, dan dengan kategori sukar terdapat 8 soal, yang terakhir yaitu hasil uji daya beda soal instrumen tes didapatkan dengan kategori baik terdapat 4 soal, dengan kategori cukup terdapat 11 soal, dan dengan kategori jelek terdapat 15 soal Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka instrumen tes literasi sains pada materi sistem pernapasan manusia dapat digunakan di SMP/MTS.