Efektifitas Permainan Cerdas Cermat terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Protein Synthesis

Authors

  • Nanda Syah Putra Darma Yudha Senior High School

Abstract

Tujuan studi ini untuk melaporkan efektifitas penerapan permainan cerdas cermat terhadap penguasaan konsep IPA siswa. Jumlah siswa pada studi ini yaitu sebanyak 27 orang siswa kelas XII IPA. Proses pembelajaran yaitu pembelajaran science pada materi protein synthesis. Proses pengumpulan data dalam studi ini dilakukan dengan 3 cara yaitu 1) pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan kombinasi dari 3 metode yaitu metode ceramah, diskusi, dan permainan cerdas cermat; 2) penguasaan konsep siswa dari hasil ujian pada materi terkait; 3) respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran diperoleh melalui penyebaran angket. Soal tes terdiri dari 5 soal essay yang memuat pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi yang telah disebutkan sebelumnya. Angket respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran terdiri dari 15 item pernyataan. Hasil menunjukkan bahwa seluruh siswa memperoleh skor diatas KKM (80). Artinya berdasarkan pada kriteria ketuntasan yang ditentukan untuk keberhasilan siswa dinyatakan penerapan permainan cerdas cermat mampu mendorong siswa dalam penguasaan konsep yang baik. Persentase respon siswa terhadap pembelajaran dengan permainan cerdas cermat dengan persentase 82.6% dan dikategorikan sangat baik. Secara umum terlihat bahwa siswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran. Respon positif yang diberikan oleh siswa ini menunjukkan siswa senang dan nyaman melaksanakan proses pembelajaran dengan penerapan cerdas cermat. Oleh karena itu, hasil laporan studi ini diharapkan mampu menjadi pedoman bagi guru dan tenaga pendidik lainya untuk melaksanakan variasi pembelajaran melalui penerapan model, metode dan pendekatan.

Downloads

Published

31-01-2023

How to Cite

Nanda Syah Putra. (2023). Efektifitas Permainan Cerdas Cermat terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Protein Synthesis. Journal of Natural Sciences Learning, 2(1), 15–21. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JNSL/article/view/467