Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Evolusi

Authors

  • Niken Dwi Lestari

Abstract

Metode konvensional yang telah lama digunakan oleh pendidik tidak dapat membantu siswa untuk menghadapi tantangan dan kemajuan sesuai perkembangan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 3 Tapung Pada Materi Evolusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 yang berjumlah 29 orang siswa pada materi Evolusi semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan/perlakuan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data hasil angket minat belajar siswa dan data observasi pelaksanaan dengan penerapan model pembelajaran PBL. Hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi evolusi mengalami peningkatan minat belajar dengan perolehan persentase pada siklus I 76,3 % dan pada siklus II 89 %. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 3 Tapung pada materi Evolusi.

Downloads

Published

28-07-2023

How to Cite

Dwi, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Evolusi. Journal of Natural Sciences Learning, 2(2), 23–29. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JNSL/article/view/464