PENGARUH MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SSCS terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Periodik Unsur di MAS PP. Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA di MAS Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang yang terdiri dari 2 kelas pada tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh dan diperoleh kelas XF MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan kelas XE MIA2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes pemahaman konsep siswa, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas dan uji homogen, data yang diperoleh pada pemahaman konsep siswa berdistribusi normal dan homogen kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil output test statistik pemahaman konsep siswa diketahui nilai sig sebesar 0,002 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemahaman konsep yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model SSCS dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran SSCS pada materi sistem periodik unsur di MAS PP Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang.
Kata Kunci : Model Pembelajaran SSCS, Pemahaman Konsep Siswa, Sistem Periodik Unsur
ABSTRACT
It was an experimental research aiming at knowing the effect of Search, Solve, Create, and Share (SSCS) model toward student concept comprehension on Periodic System of the Elements lesson at Private Islamic Senior High School of Daarun Nahdhah Thawalib Islamic Boarding School Bangkinang. It was a quasi-experimental research with non-equivalent control group design. All of the tenth-grade students of Natural Science at Private Islamic Senior High School of Daarun Nahdhah Thawalib Islamic Boarding School Bangkinang were the population of this research, and they consisted of two classes in the Academic Year of 2021/2022. Total sampling technique was used in this research, and 21 of the tenth-grade students of class F MIA 3 were as experimental group and 23 students of class E MIA 2 were as control group. Student concept comprehension test, interview, and documentation were the techniques of collecting data. Based on the calculation results of normality and homogeneity tests, the data of student concept comprehension obtained were normally distributed and homogeneous, and hypothesis test was done by using t-test. The statistical test output results of student concept comprehens-ion showed that the score of sig. 0.002 was lower than 0.05, so it could be concluded that Ha was accepted and H0 was rejected. So, the research findings showed that there was a significant effect on concept comprehension between experimental group taught by using SSCS model and control group that was not taught by using SSCS model on Periodic System of the Elements lesson at Private Islamic Senior High School of Daarun Nahdhah Thawalib Islamic Boarding School Bangkinang.
Keywords: SSCS Learning Model, Student Concept Comprehension, Periodic System of the Elements