Efektivitas Strategi Pembelajaran Eksperimen Berbasis Metode Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa pada Materi Laju Reaksi
Keywords:
keterampilan generik sains, Metode Process Oriented Guided Inquiry Learning, Kesetimbangan kimiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran eksperimen berbasis metode process oriented guided inquiry learning (POGIL) terhadap keterampilan generik IPA siswa pada mata pelajaran laju reaksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental dengan desain pretest and posttest. Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini, dan ada 2 kelas sampel yaitu siswa kelas XI MIPA 1 (kelompok kontrol) dan 3 (kelompok eksperimen). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, uji data awal yaitu uji homogenitas, uji data akhir yaitu pretest dan posttest, dan dokumentasi. Perbedaan efektivitas dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data awal dan akhir menunjukkan bahwa skor yang diamati adalah 2,22 dan ttabel adalah 1,994 pada taraf signifikan 5%. Skor yang diamati lebih tinggi dari ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada strategi pembelajaran eksperimen berbasis metode POGIL yang efektif terhadap keterampilan generik IPA siswa pada pelajaran Laju Reaksi kelas XI SMA Negeri 2 Tambang, dan keefektifannya sebesar 6,6%.