Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Natural Science Learning

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Laju Reaksi Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa

Submitted
13 March 2022
Published
31-07-2022

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan perilaku mahasiswa akibat belajar. Perubahan perilaku disebabkan karena dia mencapai penguasaan atas sejumlah bahan yang diberikan dalam proses mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Jenis penelitian quasy experiments, dengan desain penelitian random group pretes-posttest design. Populasi dan sampel adalah siswa SMA Swasta Bina Siswa Rokan Hilir. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung = 2,060. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Ha diterima dan H0 ditolak. Berarti Ha terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5E berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Adapun nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen 80,89, sedangkan kelas kontrol sebesar 76,20. Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi laju reaksi di SMA Swasta Bina Siswa Rokan Hilir dengan penggunaan model learning cycle 5E dengan bantuan peta konsep adalah sebesar 9,8 %.