Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Laju Reaksi Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Yuni Fatisa UIN SUSKA RIAU
  • Nuraini Nuraini UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Peta Konsep, Hasil belajar, laju reaksi

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan perilaku mahasiswa akibat belajar. Perubahan perilaku disebabkan karena dia mencapai penguasaan atas sejumlah bahan yang diberikan dalam proses mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Jenis penelitian quasy experiments, dengan desain penelitian random group pretes-posttest design. Populasi dan sampel adalah siswa SMA Swasta Bina Siswa Rokan Hilir. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung = 2,060. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Ha diterima dan H0 ditolak. Berarti Ha terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5E berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Adapun nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen 80,89, sedangkan kelas kontrol sebesar 76,20. Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi laju reaksi di SMA Swasta Bina Siswa Rokan Hilir dengan penggunaan model learning cycle 5E dengan bantuan peta konsep adalah sebesar 9,8 %.

Downloads

Published

31-07-2022

How to Cite

Fatisa, Y., & Nuraini, N. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Laju Reaksi Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Natural Sciences Learning, 1(1), 75–81. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JNSL/article/view/16