Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP: Literature Review
Keywords:
Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Literatur Review JurnalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMP yang dikaji berdasarkan literatur review artikel jurnal. Metode yang digunakan ialah tinjauan pustaka sistematik (systematic literature review) dengan menggunakan diagram PRISMA. Database yang digunakan untuk mencari literatur yaitu Google Scholar dan ResearchGate. Agar literatur yang terpilih relavan, pencarian menggunakan kata kunci model inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, peserta didik SMP. Selanjutnya melakukan penyaringan untuk mendapatkan publikasi artikel ilmiah sejak tahun 2016 hingga 2021 yang membahas pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMP. Hasil pencarian artikel ilmiah terdapat 13 artikel yang akan dianalisis dan disintesis. Teknik analisis yang digunakan adalah metode naratif dengan mengelompokkan data yang telah diekstraksi. Hasil penelitian ini ialah model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan hasil yang signifikan dan memberikan hasil positif terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMP dikarenakan model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik khususnya SMP, yang artinya guru membimbing perserta didik melakukan kegiatan dengan memberikan pertanyaan diawal dan mengarahkan pada suatu diskusi, peserta didik mencari dan menemukan jawaban dari suatu pertanyaan sehingga dapat memecahkan masalah dan membentuk sikap ilmiah pada peserta didik.