PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUNSCREEN FACETOLOGY DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MASYARAKAT KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU

Authors

  • Manisha Amalia Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau ,
  • Astuti Meflinda Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau ,

Keywords:

Brand Image, Kualitas Produk, Brand Awareness, Keputusan Pembelian

Abstract

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan kulit mendorong pertumbuhan industri skincare, termasuk produk sunscreen. Facetology sebagai salah satu merek lokal hadir menawarkan produk unggulan Triple Care Sunscreen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan brand awareness sebagai variabel intervening pada masyarakat Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode purposive sampling sebanyak 96 responden dengan kriteria usia 18-35 tahun dan pernah menggunakan Sunscreen facetology. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap brand awareness dan keputusan pembelian. Brand awareness juga terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, serta mampu memediasi pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Temuan ini memberikan implikasi bahwa perusahaan perlu memperkuat citra merek dan menjaga kualitas produk guna meningkatkan kesadaran merek yang berdampak pada peningkatan keputusan pembelian konsumen.

Published

30-05-2025

How to Cite

PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUNSCREEN FACETOLOGY DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MASYARAKAT KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU. (2025). Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial (JEIS), 4(01), 62-78. https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JEIS/article/view/4736