Sosialisasi Inovasi Pelayanan Nasi Uduk Inhil Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir

Sosialisasi Inovasi Pelayanan Nasi Uduk Inhil Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir

Authors

  • Busra_Aden1 BUSRA MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NEGARA UIN SUSKA RIAU
  • Kamaruddin Kamaruddin Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial

Keywords:

Sosialisasi Kebijakan Publik, Inovasi Pelayanan Nasi Uduk Inhil

Abstract

        Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir dalam mensosialisasikan inovasi pelayanan NASI UDUK INHIL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan sudah sesuai dengan syarat sosialisasi kebijakan publik, yaitu terdiri dari adanya kejelasan kedudukan dan peran sosialitator, adanya kejelasan isi dan metode sosialisasi, adanya kejelasan kelompok sasaran dan adanya kejelasan hasil. Sehingga diperoleh hasil bahwa proses sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir sudah berjalan cukup baik, yaitu dimana inovasi ini sudah dikenalkan kepada operator inovasi dan juga masyarakat umum. Adapun faktor penghambat dalam proses mensosialisasikan inovasi ini adalah pandemi covid-19, akses internet yang belum merata serta kurangnya anggaran untuk melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat umum.

Published

26-12-2022

How to Cite

BUSRA, B., & Kamaruddin, K. (2022). Sosialisasi Inovasi Pelayanan Nasi Uduk Inhil Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir: Sosialisasi Inovasi Pelayanan Nasi Uduk Inhil Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial (JEIS), 1(02), 46–57. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JEIS/article/view/42