Sosialisasi Inovasi Pelayanan Nasi Uduk Inhil Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir
Sosialisasi Inovasi Pelayanan Nasi Uduk Inhil Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir
Keywords:
Sosialisasi Kebijakan Publik, Inovasi Pelayanan Nasi Uduk InhilAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir dalam mensosialisasikan inovasi pelayanan NASI UDUK INHIL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan sudah sesuai dengan syarat sosialisasi kebijakan publik, yaitu terdiri dari adanya kejelasan kedudukan dan peran sosialitator, adanya kejelasan isi dan metode sosialisasi, adanya kejelasan kelompok sasaran dan adanya kejelasan hasil. Sehingga diperoleh hasil bahwa proses sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir sudah berjalan cukup baik, yaitu dimana inovasi ini sudah dikenalkan kepada operator inovasi dan juga masyarakat umum. Adapun faktor penghambat dalam proses mensosialisasikan inovasi ini adalah pandemi covid-19, akses internet yang belum merata serta kurangnya anggaran untuk melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat umum.