PENERAPAN BALANCED SCORECARD TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN
Keywords:
Kinerja, Balanced ScorecardAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kinerja PTPN IV Regional III Sei Intan dengan pendekatan Balanced Scorecard. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan ruang lingkup studi kasus. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua karyawan kantor kebun dan PKS Sei Intan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling untuk karyawan dan sampling jenuh (sensus) untuk pelanggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dengan mencakup empat perspektif, perspektif keuangan diukur dengan metode value for money, perspektif pelanggan dengan service quality. Perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dengan teknik scoring. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian kinerja dari perspektif keuangan adalah ekonomis, namun kurang efisien dan efektif. Kinerja dari perspektif pelanggan tergolong baik. Kinerja dari perspektif bisnis internal secara keseluruhan juga baik. Rasio pertumbuhan dan pembelajaran secara keseluruhan baik.