PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TRAVELOKA DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Anita Erianti Putri Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau
  • Fakhrurrozi Fakhrurrozi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau

Keywords:

Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Persepsi Manfaat, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko Dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian pada Traveloka. Penelitian ini dilaksanakan pada masyarakat Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kuantitatif. Data penelitian dianalisis menggunakan SmartPLS 4. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, persepsi risiko dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R Square sebesar 0,511 atau 51,1% menunjukan bahwa kemudahan penggunaan, persepsi risiko dan persepsi manfaat secara keseluruhan memberikan pengaruh sebesar 51,1%. Sedangkan sisanya sebesar 48,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Published

02-12-2024

How to Cite

Erianti Putri , A., & Fakhrurrozi, F. (2024). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TRAVELOKA DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial (JEIS), 3(2), 262–273. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JEIS/article/view/3575