INOVASI PROGRAM JEMPUT BOLA DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Authors

  • Siti Nurafifah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Abdiana Ilosa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau

Keywords:

Inovasi, Administrasi Kependudukan, Pelayanan Publik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meinguraikan bagaimana pelaksanaan inovasi jemput bola dalam mengoptimalkan pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan mengenai pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan melalui inovasi program jemput bola di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Indragiri Hilir maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa pelaksanaan inovasi program jemput bola yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir berjalan dengan cukup maksimal karena adanya manfaat yang di rasakan baik masyarakat maupun dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir. Selain itu perlunya beberapa perbaikan di beberapa sisi sebab adanya beberapa kendala yaitu Jangkauan yang Belum Luas, Sulitnya mengkondisikan Masyarakat di Lapangan, dan Sarana dan Prasarana yang Belum Memadai.

Published

03-07-2024

How to Cite

Nurafifah, S., & Ilosa , A. (2024). INOVASI PROGRAM JEMPUT BOLA DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial (JEIS), 3(1), 234–251. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JEIS/article/view/3155