PENGARUH ONLINE SHOP TERHADAP TINGKAT KONSUMTIF MAHASISWA

Authors

  • Nia Paramita UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Fatmawati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Rizal Abdi Pratama UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Inayatul Azizah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

online shop, tingkat konsumtif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online shop terhadap tingkat konsumtif mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Pengambilan data melalui penyebaran kuisioner terhadap 64 orang responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 23 untuk menguji validitas, reliabilitas, korelasi dan regresi. Berdasarkan hasil penelitian, dari analisis correlation nilai dari pearson correlation nya adalah 0.394 artinya terdapat pengaruh antara online shop (X) terhadap tingkat konsumtif (Y) mahasiswa fakultas dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Pada uji regresi nilai dari sig. (2-tailed) sebesar 0.001<0.05 maka H0 ditolak Ha diterima, artinya pengaruh online shop (X) terhadap tingkat konsumtif (Y) mahasiswa fakultas dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten signifikan. selain itu penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh online shop (X) terhadap tingkat konsumtif (Y) mahasiswa fakultas dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten sebesar 15.5% yang dibuktikan pada nilai R square.

Published

09-05-2024

How to Cite

Paramita, N., Fatmawati, Rizal Abdi Pratama, & Inayatul Azizah. (2024). PENGARUH ONLINE SHOP TERHADAP TINGKAT KONSUMTIF MAHASISWA. Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial (JEIS), 3(1), 81–92. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JEIS/article/view/301