PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA GENERASI Z DI KOTA PEKANBARU
Keywords:
e-Commerce, Social Media Marketing , Perilaku KonsumtifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Penggunaan E-Commerce dan Social Media Marketing Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui pengisian kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS V.27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel E-Commerce secara parsial berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif pada generasi Z di Kota Pekanbaru. Sedangkan Social Media Marketing secara parsial tidak berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif pada generasi Z di Kota Pekanbaru. Hasil pengujian secara Simultan menunjukkan bahwa E-Commerce dan Social Media Marketing memiliki pengaruh terhadap Perilaku Konsumtif pada generasi Z di Kota Pekanbaru. Nilai R square sebesar 0,432 menunjukan bahwa variabel Perilaku Konsumtif dapat dijelaskan oleh variabel E-Commerce dan Social Media Marketing sebesar 43,2%, sedangkan sisanya 56,8% merupakan variabel lain yang tidak diteliti kedalam penelitian ini.