PENGARUH IKLAN, BRAND AMBASSADOR, DAN BRAND IMAGE E-COMMERCE TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MASYARAKAT RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Hendra Juanda Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muklis Muklis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Advertising, Brand Ambassador, Brand Image, Purchase Decisions

Abstract

Tujuan penelitian ini Iklan, Brand Ambassador dan Brand Image E-Commerce Tokopedia berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Masyarakat Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang berbelanja di E-commerce Tokopedia pada tahun 2023. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda dan menggunakan Program SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa uji t variabel Iklan, Brand Ambassador, dan Brand Image berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia pada Masyarakat Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Dengan menggunakan uji F variabel variabel Iklan, Brand Ambassador, dan Brand Image berpengaruh secara simultan terhadap terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia pada Masyarakat Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Semantara itu R square sebesar 0,710. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Brand Ambassador, dan Brand Image keseluruhan memberikan pengaruh sebesar 71% terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan sisanya sebesar 29% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published

10-05-2024

How to Cite

Hendra, & Muklis, M. (2024). PENGARUH IKLAN, BRAND AMBASSADOR, DAN BRAND IMAGE E-COMMERCE TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MASYARAKAT RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial (JEIS), 3(1), 157–166. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JEIS/article/view/1683