PENGARUH BRAND IMAGE, LABEL HALAL DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SALIMAH FOOD PEKANBARU

Citra merek, label halal, word of mouth, keputusan pembelian

Authors

  • Dimas Audrey Sumarno Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau
  • Julina Julina Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau

Keywords:

Brand Image, Label Halal, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana brand image, label halal, dan word of mouth mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Salimah Food Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Target populasi penelitian ini adalah individu di Pekanbaru yang pernah membeli produk dari Salimah Food Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk memilih responden. Sebanyak 120 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda melalui perangkat lunak SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individu, brand image, label halal, dan word of mouth memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, jika dipertimbangkan secara bersama-sama, brand image, label halal, dan word of mouth secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Salimah Food Pekanbaru. Ketiga faktor tersebut, citra merek, labelisasi halal, dan word of mouth, secara bersama-sama menjelaskan 61,2% varians keputusan pembelian, sedangkan sisanya 38,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published

02-12-2023

How to Cite

Audrey Sumarno, D., & Julina, J. (2023). PENGARUH BRAND IMAGE, LABEL HALAL DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SALIMAH FOOD PEKANBARU: Citra merek, label halal, word of mouth, keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial (JEIS), 2(2), 203–214. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JEIS/article/view/1642