https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/persepsi/issue/feedPersepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi 2025-01-03T15:30:49+07:00Open Journal Systems<p style="margin: 12.0pt 0cm 12.0pt 0cm;"><strong><span lang="EN-ID" style="font-size: 9.5pt; font-family: 'Open Sans',sans-serif; color: #333333;">Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi</span></strong><span lang="EN-ID" style="font-size: 9.5pt; font-family: 'Open Sans',sans-serif; color: #333333;"> adalah jurnal akademik dengan akses terbuka yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sebanyak 3 (tiga) kali dalam satu tahun yaitu pada setiap bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian mahasiswa dalam bidang psikologi. Adapun kajian yang dapat diterima adalah yang berkaitan dengan psikologi islam dan agama, psikologi umum, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi klinis, psikologi sosial dan psikologi industri dan organisasi. </span></p>https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/persepsi/article/view/3579PERAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP PERILAKU PHUBBING GENERASI Z DENGAN JENIS KELAMIN SEBAGAI VARIABEL MODERASI2024-10-09T10:19:33+07:00Fitria Rahmadaniivan.agung@uin-suska.ac.idIvan Muhammad AgungIvan.Muhammad.Agung@uin-suska.ac.id<p><em>Fenomena </em><em>Phubbing merupakan tingkah laku mengabaikan orang lain karena hanya berfokus pada Smartphone. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peran FoMO terhadap perilaku Phubbing generasi Z pada mahasiswa di Fakultas Psikologi UIN Suska Riau dengan tambahan jenis kelamin sebagai variabel moderasi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan teknik proportionate starified non-random sampling. Partisipan dalam penelitian ini merupakan 243 mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu The Phubbing scale oleh Fauzan (2018) dan FoMO scale Kaloeti</em> <em>dkk</em><em>.</em><em> (2021), yang diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan adanya peran Fear of Missing Out (FoMO) terhadap perilaku Phubbing generasi Z dengan nilai r sebesar 0,466 dan hasil Uji MRA moderated regression analysis variabel jenis kelamin tidak memperkuat hubungan kedua variabel. Variabel jenis kelamin tidak berinteraksi dengan variabel FoMO dengan signifikan 0,782 dan tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan variabel Phubbing. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Fear of Missing Out (FoMO) dapat mendorong individu melakukan Phubbing namun, variabel jenis kelamin yang tidak mampu memoderasi kedua variabel yang diteliti.</em></p>2025-01-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/persepsi/article/view/3796Hubungan Parent Attachment dan Peer Social Support dengan Self-Esteem pada Siswa SMA X Pekanbaru2024-11-22T12:58:45+07:00Siti Nurjananurjannahsnja@gmail.comHirmaningsihhirmaningsihhirmaningsih@gmail.com<p><em>The High School period is a transition period to college. High school students as a teenager tend to experience a decrease in self-esteem or also called self-esteem. Self-esteem is how individuals evaluate themselves and feel that they are valuable. Important factors in the development of self-esteem in adolescence are parent attachment and peer social support. So this study seeks to examine how the relationship between parent attachment and peer social support on adolescent self-esteem at SMA in Pekanbaru. A total of 199 samples have participated to measure personality characteristics. Non-parametric analysis was used to see the relationship between parent attachment and peer social support with self-esteem at SMA in Pekanbaru students. This study shows that parent attachment and peer social support have a positive relationship with adolescent self-esteem at SMA in Pekanbaru.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> self-esteem, parent attachment, peer social support.</em></p>2025-01-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/persepsi/article/view/3724MEMBANGUN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING: PERAN SELF-COMPASSION PADA MAHASISWA RANTAU DI KOTA PEKANBARU 2024-11-07T23:01:32+07:00Nabila Atika Ajranabilaatika3105@gmail.comSalmiyati Salmiyatisalmiyati@uin-suska.ac.idPutri Miftahul Jannahputri.jannah@uin-suska.ac.id<p>Banyaknya permasalahan yang dihadapi mahasiswa rantau akan berdampak negatif terhadap dirinya seperti menarik diri dari lingkungan, putus asa, kesedihan, tujuan hidup terganggu bahkan mengakibatkan proses akademiknya menurun yang dapat mempengarahui kondisi <em>psychological well being</em>. <em>Self compassion</em> diperlukan agar mahasiswa rantau dapat bangkit, bertahan, dan beradaptasi dalam menghadapi tekanan dan situasi yang menantang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara <em>self compassion </em>dengan <em>psychological well being </em>pada mahasiswa rantau di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah subjek 250 orang mahasiswa rantau, yang diperoleh dengan teknik <em>accidental sampling</em>. Data diperoleh dengan menggunakan skala <em>psychological well being </em>Ryff yang diadaptasi oleh Fadhil. dengan hasil koefisien reliabilitas sebesar 0,881 dan skala <em>self compassion</em> dari Neff yang diadaptasi oleh Sugianto, Suwartono dan Sutanto dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,858. Hasil analisis korelasi <em>product moment </em>diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,540 dengan signifikansi (p) 0,000. Artinya, semakin tinggi <em>self compassion </em>maka akan semakin tinggi pula <em>psychological well being</em>, begitu pun sebaliknya semakin rendah <em>self compassion.</em> Dengan demikian, <em> self compassion</em> yang tinggi membuat mahasiswa rantau lebih memahami sebuah permasalahan sebagai suatu hal yang pasti akan dilalui oleh setiap orang, sehingga memiliki keyakinan yang lebih besar untuk mencapai tujuan dalam proses akademik.</p>2025-01-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/persepsi/article/view/4046HUBUNGAN ANTARA SCHOOL SUPPORT DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA SMA NEGERI DI KECAMATAN MINAS2025-01-03T15:30:49+07:00Silvy Dwi Hartinisilvydwihartini@gmail.comDesma Husnisilvydwihartini@gmail.com<p><em>Student Engagement</em> merupakan keterlibatan siswa selama berada di kelas dengan menunjukkan perilaku yang positif, berkontribusi, rasa antusias, dan strategi yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara <em>school support</em> (<em>peer</em> dan <em>teacher support</em>) dengan <em>student engagement</em> pada siswa SMA Negeri di kecamatan Minas. Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>proportionate stratified random sampling</em> dengan jumlah sampel 264 siswa bersekolah di SMA Negeri kecamatan Minas. Pengukuran menggunakan skala <em>Student Engagement Scale</em> dari Reeve & Tseng serta <em>Perceived Peer/ Friend Academic Support Scale</em> (PFASS) dan <em>Perceived Academic Teacher Support Scale</em> (PATSS) dari Chen. Teknik analisis data yang digunakan ialah <em>multiple regression analysis</em> dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, menunjukkan adanya hubungan antara <em>school support</em> (<em>peer</em> dan <em>teacher support</em>) terhadap <em>student engagement</em> pada siswa dengan nilai R<sup>2</sup>=.327 dengan p=.000 yang berarti hipotesis penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan positif antara <em>school support</em> dengan <em>student engagement</em> pada siswa SMA Negeri di Kecamatan Minas.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Peer, School Support, Siswa, Student Engagement, Teacher.</p>2025-01-16T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/persepsi/article/view/3742SELF-CONTROL WITH ONLINE SHOPPING CONSUMPTIVE BEHAVIOR IN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU STUDENTS2024-11-12T19:38:36+07:00Fuji Fira Charollinajhon.herwanto@uin-suska.ac.idJhon Herwantojho.herwanto@uin-suska.ac.id<p><strong><em>Abstract </em></strong><em>This study aims to determine the relation between self-control with consumptive behavior on online shopping among college students at State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau. The population in this study were active college students from State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau who had conducting online shopping’s activities. Total samples in this research were 255 respondents. This research used quantitative method with simple linear regression analysis technique and accidental sampling. Data were collected using Consumptive Behavior Scale and Self-Control Scale. The results showed a negative relationship between self-control and consumptive behavior on online shopping among college students at State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau.</em></p>2025-01-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi