HUBUNGAN ANTARA SCHOOL SUPPORT DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA SMA NEGERI DI KECAMATAN MINAS
Abstract
Student Engagement merupakan keterlibatan siswa selama berada di kelas dengan menunjukkan perilaku yang positif, berkontribusi, rasa antusias, dan strategi yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara school support (peer dan teacher support) dengan student engagement pada siswa SMA Negeri di kecamatan Minas. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 264 siswa bersekolah di SMA Negeri kecamatan Minas. Pengukuran menggunakan skala Student Engagement Scale dari Reeve & Tseng serta Perceived Peer/ Friend Academic Support Scale (PFASS) dan Perceived Academic Teacher Support Scale (PATSS) dari Chen. Teknik analisis data yang digunakan ialah multiple regression analysis dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, menunjukkan adanya hubungan antara school support (peer dan teacher support) terhadap student engagement pada siswa dengan nilai R2=.327 dengan p=.000 yang berarti hipotesis penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan positif antara school support dengan student engagement pada siswa SMA Negeri di Kecamatan Minas.
Kata Kunci: Peer, School Support, Siswa, Student Engagement, Teacher.