HUBUNGAN ANTARA SELF-CONTROL DAN SELF-ESTEEM DENGAN ACADEMIC DISHONESTY PADA SISWA SMA
Abstract
Dunia pendidikan dewasa ini banyak diwarnai oleh ketidakjujuran, kebohongan, dan manipulasi yang disebut dengan academic dishonesty. Academic dishonesty dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya self-control dan self-esteem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara self-control dan self-esteem dengan academic dishonesty di salah satu SMA Kecamatan Tambang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI sebanyak 271 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu probabilitas sampel dengan jenis cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala academic dishonesty, self-control dan self-esteem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-control dan self-esteem dengan academic dishonesty di salah satu SMA Kecamatan Tambang. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Artinya semakin tinggi self-control dan self-esteem yang dimiliki siswa maka semakin rendah tingkat academic dishonesty pada siswa di salah satu SMA Kecamatan Tambang. Kemudian hubungan antara academic dishonesty secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 47,2% dan sisanya sebesar 52,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Academic Dishonesty, Self-Control, Self-Esteem