Hubungan antara Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Student Engagement pada Siswa

Authors

  • Fajrul Islami Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Vivik Shofiah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Student Engagement, Motivasi Belajar, Dukungan Sosial Teman Sebaya

Abstract

Student engagement merupakan salah satu faktor penting untuk meraih kesuksesan pada siswa.
Ketika siswa memiliki student engagement siswa akan cenderung terlibat secara perilaku, emosi dan
kognisi didalam proses pembelajaran, sehingga ini akan berdampak terhadap prestasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara ilmiah hubungan motivasi belajar dan dukungan sosial
teman sebaya dengan student engagement pada siswa MA Darussakinah Batu Bersurat. Sampel
penelitian adalah siswa MA Darussakinah Batu Bersurat dengan jumlah sampel 124 Siswa. Data
penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala motivasi belajar, dukungan sosial teman sebaya
dan student engagement. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan
dukungan sosial teman sebaya dengan student engagement dengan nilai R=0,693 dan nilai sig=0,000
(0,000 < p 0.05). Hal ini berarti hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima yaitu terdapat hubungan
motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya dengan student engagement pada siswa MA
Darussakinah Batu Bersurat. Selain itu, dengan melihat nilai Adjust R Square maka sumbangan efektif
motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya dengan student engagement sebesar 68.8%.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya merupakan
salah satu faktor yang mempengaruhi student engagement siswa. Artinya dengan meningkatkan
motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya pada siswa maka hal ini dapat pula meningkatkan
student engagement.

Downloads

Published

2022-12-29 — Updated on 2023-01-09

Versions