HUBUNGAN SELF-ESTEEM DENGAN RESILIENSI PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA PADA MASA PANDEMI COVID 19
Keywords:
Resiliensi, self-esteem, mahasiswa tahun pertamaAbstract
Banyaknya perubahan yang dialami oleh mahasiswa tahun pertama yang baru memasuki jenjang perkuliahan terutama pada masa pandemi membuat mereka harus mampu mengatasi berbagai permasalahan yang muncul. Resiliensi penting dimiliki mahasiswa tahun pertama agar dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi dan bertahan dengan baik. Salah satu faktor yang dapat membentuk resiliensi adalah self-esteem. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan self-esteem dengan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis data korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sratified sampling dengan jumlah sampel sebanyak 270 mahasiswa tahun pertama 2021. Data dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan skala. Skala yang digunakan untuk mengukur self-esteem yaitu Rosenberg Self-Esteem Scale. Resiliensi diukur dengan menggunakan Connor-Davidson Resilience Scale. Berdasarkan hasil analisis korelasi pearson product moment diketahui bahwa self-esteem memiliki hubungan positif yang signifikan dengan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama 2021 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada masa pandemi Covid-19 (p = 0,000). Self-esteem dapat menjelaskan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama sebesar 24,3%, sedangkan sisanya sebesar 75,7% dijelaskan oleh faktor lain. Mahasiswa tahun pertama yang memiliki self-esteem yang tinggi akan yakin bahwa dirinya mampu mengatasi berbagai permasalahan dan kejadian sulit yang muncul serta mampu bertahan dengan baik.
Kata Kunci: Resiliensi, self-esteem, mahasiswa tahun pertama
ABSTRACT
The first-year students who have just entered lectures, have many changes experiences especially during the pandemic, require them to be able to overcome various problems that arise. Resilience is important for first-year students to be able to overcome the problems they face and survive well. One of the factors that can form resilience is self-esteem. This research was conducted with the aim of knowing the relationship between self-esteem and resilience in the first year students. The method used in this research is quantitative method with correlational data analysis techniques. The sampling technique used was stratified sampling with a total sample is 270 of first year students in 2021. Data was collected in this research using a scale. The scale used to measure self-esteem is the Rosenberg Self-Esteem Scale. Resilience was measured using the Connor-Davidson Resilience Scale. Based on the result of Pearson product moment correlation analysis, it is known that self-esteem has a significant positive relationship with resilience in 2021 first year students at Sultan Syarif Kasim State Islamic University Riau during the Covid-19 pandemic (p = 0.000). Self-esteem can explain resilience in first year students by 24.3%, while the remaining 75.7% explained by other factors. First year students who have high self-esteem will believe that they are able to overcome various problems and difficult events that arise and will be able to survive well.
Keywords: Resilience, self esteem, first year students