HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTENSI PERILAKU BELAJAR YANG DIMEDIASI NORMA SUBJEKTIF PADA MAHASISWA UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU
Keywords:
Intensi Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Norma SubjektifAbstract
Pada masa pandemi Covid-19 hingga sekarang adanya perubahan metode pembelajaran yang telah dialami peserta didik, dapat berdampak ke keinginan dan kesungguhan mereka dalam perilaku belajar. Terbentuknya intensi yang kuat dalam perilaku belajar dapat disebabkan oleh tingginya tingkat kecerdasan emosional dan kuatnya tingkat norma subjektif pada peserta didik. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan intensi perilaku belajar yang dimediasi norma subjektif pada mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Sampel pada penelitian ini berjumlah 391 mahasiswa dari Angkatan 2019, 2020, dan 2021. Teknik yang digunakan untuk menghimpun sampel yaitu non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala intensi perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan norma subjektif yang peneliti buat sendiri. Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan didapati hasil bahwa norma subjektif mempunyai peran sebagai mediasi parsial karena kecerdasan emosional memiliki hubungan dengan intensi perilaku belajar secara langsung dan tidak langsung.