HUBUNGAN ANTARA NORMA SUBJEKTIF DAN EFIKASI DIRI DENGAN INTENSI PERILAKU BELAJAR PADA SISWA SMAN 1 SIAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara norma subjektif dan efikasi diri dengan intensi perilaku belajar pada siswa SMAN 1 Siak. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Siak yang berjumlah 632 siswa. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan accidental sampling dan didapatkan 251 siswa. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara norma subjektif dan efikasi diri dengan intensi perilaku belajar pada siswa SMAN 1 Siak. Pada penelitian ini diketahui norma subjektif dan efikasi diri berkontribusi sebesar 73,6% dengan intensi perilaku belajar. Sedangkan 26,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.