PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PESERTA BUKAN PENERIMA UPAH PADA BPJS KETENAGAKERJAAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Authors

  • muflihul_ fadhil2 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nuryanti Nuryanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muslim Muslim Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh naik dan menurunnya jumlah peserta pada tiap tahunnya yang bisa dilihat pada data lima tahun terakhir 2018-mei 2022 yang tidak menunjukkan perkembangan signifikan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan produk, harga, kualitas produk dan harga serta tinjauan ekonomi syari’ah pada kualitas pelayanan produk dan harga terhadap kepuasan peserta program jaminan sosial tenaga kerja bagian pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) pada BPJS Ketenagakerjaan cabang Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pekerja bukan penerima upah yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan dengan populasi sebanyak 12.754 peserta. Teknik pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Dengan pengumpulan datanya melalui Observasi, wawancara, Kuesioner dan Studi Pustaka. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS Ver. 26.00. Hasil penelitian, Kualitas Pelayanan Produk berpengaruh positif terhadap kepuasan peserta. Hal ini terbukti dari nilai t hitung X1 (2,720) lebih besar dari t tabel (1,984) diterima pada taraf signifikansi 5%. Harga berpengaruh positif terhadap kepuasan peserta. Hal ini terbukti dari nilai t hitung X2 (12,702) lebih besar dari t tabel (1,984), diterima pada taraf signifikansi 5%. Kualitas pelayanan produk dan harga secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan. Hal ini terbukti dari F Hitung sebesar (428,069) lebih besar dari F tabel sebesar (3,94) diterima pada taraf signifikansi 5%. Perspektif ekonomi syariah, BPJS Ketengakerjaan cabang pekanbaru belum sepenuhnya syariah dikarenakan program JHT belum terimplementasinya Fatwa DSN MUI Nomor 147/DSN-MUI/XII/2021 dan masih terdapat gharar atau ketidakjelasan dalam pengembangan dananya.

References

FATWA DSN MUI, 147/DSN-MUI/XII/2021 tentang Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Berdasarkan Prinsip Syariah h. 1

Fenti Hikmawati, Metode Penelitian Depok: Rajawali Pers,2020

Herman, et, al, The social Influence of Brand comunity: evidence from european car clubs, Journal of Marketing: vol. 69 (2005)

I Made Laut Mertha Jaya, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Teori, Penerapan, dan Riset Nyata Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020.

Ismail Nurdin. Kualitas Layanan Publik, Perilaku Aparatur Dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Surabaya: Media Sahabat Cendekia. 2019.

Kementerian Agama RI, Al-qur’an Dan Terjemahannya Bandung: Sygma Creative Media Corp Syamil Qur’an, 2017

Kementerian Agama RI, Tafsir Al-qur’an Digital Dan Terjemahannya Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, 2022 diakases pada tanggal 05-09-2022

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Buku TanyaJawab Seputar: Sistem Jaminan Sosial Bidang Ketenagakerjaan (SJSN-TK), Jakarta, Tim Koordinasi Komunikasi Publik Terintegrasi Jaminan Sosial Bidang Ketenagakerjaan. (2016)

Lidya Julita - CNBC Indonesia, Diskon 99% Iuran BPJS Ketenagakerjaan Hingga 2021,(https://www.cnbcindonesia.com/news/20200924143528-4-189193/wah-diskon-99-iuran-bpjs-ketenagakerjaan-hingga-2021) Diakses pada tanggal 09-03-2023.

Meithiana Indrasari, Pemasaran Kepuasan Pelanggan, Surabaya: Unitomo Press, 2019.

Ni made arie sulistyawati dan Ni Ketut Seminari “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan restoran indus ubud gianyar’’ dalam E-Journal Manajemen Unud Vol. 4, No. 8, (2015)

Philip Kotler dan Amstrong. Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: Perhalindo, 2008.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta, Erlangga, 2009.

R. Permata Hastuti A. dan F. Milla Fitri, Asuransi Konvensional, Syariah & BPJS, Yogyakarta, Parama Publishing, 2016.

Ricky Linardi, Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Bisnis Online Shop Rl_watch, Skripsi Surabaya: Unversitas Kristen Petra. (2019)

Salim Al Idrus Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian: Konsep danTeori Malang: Media Nusa Creative, 2019

Sekretariat Presiden - Anggoro Eko Cahyo, Presiden Jokowi Menerima Direksi dan Ketua Dewas BPJS Ketenagakerjaan, 7 Oktober 2022 (https://www.youtube.com/watch?v=LEIzIl58yog&list=WL&index=4) diakses pada tanggal 09-03-2023

Siti Aisyah, Rian Rahmat Ramadhan dan Dede Iskandar Siregar, Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Pada Konsumen VGY Wallpaper Pekanbaru, Jurnal Ecountbis Vol. 2 No. 1 (2022)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta, 2017

Suyitno, Metode Penelitian Kulaitatif Konsep, Prinsip dan Operasionalnya Malang : Akademiya Pustaka, 2018

Syamsiah, Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Supermarket Transmart Carrefour Di Kota Makassar, Skripsi Makassar: Universitas Alauddin (2018)

Syafrida Hafni Sahir, Metode Penelitian Yogyakarta: KBM Indonesia, 2021.

Tengku Firli Musfar, Buku Ajar Manajemen Pemasaran, Bandung: Media Sains Indonesia, 2020.

Wikipedia, Ekonomi duina G20 (https://id.wikipedia.org/wiki/G20) diakses pada tanggal Halaman ini terakhir diubah pada 30-09-2022.

Zulfa Simatur R dkk. Panduan Resmi Memperoleh Jaminan Sosial dari BPJS Ketenagkerjaan Jakarta Selatan: Tim Visi Yustisia 2014.

Published

2024-05-21

How to Cite

fadhil2, M., Nuryanti, N., & Muslim, M. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PESERTA BUKAN PENERIMA UPAH PADA BPJS KETENAGAKERJAAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Jurnal Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Suska Riau, 3(2), 341–355. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/819