ANALISIS POTENSI ZAKAT MAL PEDAGANG BUAH DI PASAR PAGI ARENGKA PEKANBARU
Abstract
Adanya dugaan bahwa Perdagangan di Indonesia memiliki potensi dalam menghimpun zakat, maka perlu dilakukan identifikasi secara ilmiah untuk memastikan hal tersebut. Perlunya identifikasi disebabkan memiliki manfaat sangat besar untuk masyarakat luas, pada khususnya umat Islam. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana potensi zakat mal pedagang buah di Pasar Pagi Arengka? Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi muzakki dalam membayar zakat mal? Bagaimana potensi zakat mal pedagang buah menurut Ekonomi Syariah? Tujuan penelitian untuk mengetahui potensi zakat mal pedagang buah di Pasar Pagi Arengka, untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi muzakki dalam membayar zakat mal pedagang buah di Pasar Pagi Arengka, untuk mengetahui potensi zakat mal pedagang buah menurut Ekonomi Syariah. Jenis penelitian ini penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan jenis data yaitu sekunder dan primer. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Zakat mal di Pasar Pagi Arengka memiliki potensi besar karena dari nilai riil pengumpulan zakat belum semua muzaki melakukan pembayaran zakat di BAZNAS Kota Pekanbaru. Muzakki di Pasar Pagi Arengka menunjukkan bahwa pembayaran zakat yang dilakukan dipengaruhi oleh faktor religiusitas, kepercayaan, dan pendapatan. Zakat Pedagang Buah dalam perspektif ekonomi Syariah mempunyai potensi yang signifikan, maka sesungguhnya zakat perlu mendapatkan perhatian yang lebih sebagaimana urgensi zakat dalam kesejahteraan masyarakat.
References
Budi Trianto, Riset Modeling (Jakarta: Jakarta: Adh-Dhuha Institute, 2015)
Fachri Yasin, Agribisnis Riau dan Pekanbaru Berbasis Kerakyatan, (Pekanbaru : Unri Pres, 2003)
H. Endar Muda S.H, M.H, Pimpinan Baznas Kota Pekanbaru, Wawancara, 15 November 2022, Kantor Baznas Kota Pekanbaru.
Ismail, Zakat Produktif: Sistem Alternatif dalam Pengentasan Kemiskinan, (Jakarta: Tesis – Pascasarjana UIN Syarif Hidaatullah, 2005) hlm. 132-133
Kota Pekanbaru Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Kota Pekanbaru 2022.
M. Taufiq Amir, Dinamika Pemasaran, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005)
Mursyii, Akuntansi Zakat Kontemporer, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Mustafa Edwin dkk, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, (Jakarta: Kencana Media Group, 2018)
Nurul Huda, Novarini, Yosi Mardoni, Citra Permatasari, Zakat Perspektif Mikro- makro Pendekatan Riset, (Jakarta: Kencana, 2015)
Ridlo, Ali, Kebijakan Ekonomi Umar Ibn Khattab, (Kendari: Jurnal Al-‘Adl, Vol. 6 No. 2, Juli 2013)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2018).
Tim Universitas Islam Indonesia (UII), Ekonomi Islam, (Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada, 2009)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Prengki Yuranda, Syahpawi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.