PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU INTERNET TELKOMSEL PADA MASYARAKAT KOTA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Authors

  • AISYAH FADILLA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
  • Darnilawati Darnilawati
  • Alchudri

Keywords:

Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pembelian dapat tercipta dengan kualitas baik, maka dari itu setiap produk dan jasa yang berkualitaslah yang dicari konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Unsur utama di dalam penciptaan suatu kualitas produk adalah bagaimana konsumen mendefinisikan kualitas produk itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian kartu internet Telkomsel pada masyarakat Kota Pekanbaru dan untuk mengetahui pandangan ekonomi syariah terhadap keputusan pembelian kartu internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 orang. Teknik pengumpulan data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian kusioner dari [enulis kepada anggota sampel. Dalam analisis data, metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu metode perhitungan dengan menggunakan data yang diperoleh dan ditabulasikan.Hasil dari penelitian ini adalah kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan kartu internet Telkomsel. sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kualitas produk (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Pandangan ekonomi syariah terhadap keputusan pembelian yaitu dalam menentukan keputusan pembelian kartu internet Telkomsel dalam ekonomi islam itu produk yang dijual sudah memperhatikan kualitas yang baik dan harga yang sesuai, sebagaimana dalam ekonomi islam untuk memperhatikan kualitas produk yang baik dan harga terhadap suatu produk yang dijual kepada konsumen agar mendapatkan manfaat dari produk yang dibelinya. Dimana Telkomsel telah memberikan kualitas produk yang terbaik derngan memberikan akses internet yang sangat membantu konsumen untuk mengakses internet di jangkauan daerah manapun         

References

Setiap terjadi peningkatan kualitas produk, maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,323. dan setiap terjadi peningkatan harga maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,178. Dan hasil dari penelitaian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan. Serta kualitas produk dan harga dalam penelitian ini berpengaruh sedang terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 21,2%.

Dalam menentukan keputusan pembelian kartu Internet Telkomsel dalam ekonomi islam itu produk yang dijual sudah memperhatikan kualitas yang baik dan harga yang sesuai, sebagaimana dalam ekonomi islam untuk memperhatikan kualitas produk yang baik dan hafrga terhadap suatu produk yang dijual kepada konsumen agar mendapatkan manfaat dari produk yang dibelinya.

REFERENSI

Dalam Ekonomila Dan Bisnis, Volume 02., No. 01., (2022), h. 425

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Madina: Al-Karim Fahd, 1990)

Dina Nuraeni, “Pengaruh Pengetahuan Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Rabbani” dalam Ilmu Ekonomi Syariah, Volume 02., No. 1., (2020), h. 3

Farah Nahlia, Skripsi : Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar XL (Studi Kasus Mahasiswa FISIP UNDIP Semarang), (Semarang: UNDIP Semarang,, 2016)

Fitri Yunitasari, “Keputusan Pembelian dalam Perspektif Ekonomi Islam” artikel dari https://123dok.com/article/keputusan-pembelian-dalam-perspektif-ekonomi-islam.qv8v7krz Diakses pada 15 Juni 2023.

Fitri Yunitasari, “Keputusan Pembelian dalam Perspektif Ekonomi Islam” artikel dari https://123dok.com/article/keputusan-pembelian-dalam-perspektif-ekonomi-islam.qv8v7krz Diakses pada 15 Juni 2023.

Gagas Agassi Pangdugi dan Ce Gunawan, “Pengaruh Kualitas Porduk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Karu Perdana Indosat Di Kota Sukabumi”, dalam Jurnal Disrupsi Bisnis, Volume 4., No. 3.,( 2021), h. 269.

Irfan Maulana, Skripsi : Pengaruh KualitaS Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Axis, (medan: Universitas Sumatera Utara, 2018)

Muhammad Irfan Ardiansyah, Skripsi : Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu Perdana Simpati Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta, (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018)

Rizky Nanda Shaputra, Skripsi : Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomsel Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, (Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2017)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2016)

Wahyu Akbar dan Septiana Wulansari, “Pandangan Ekonomi Syariah Atas Pengaruh Ekuitas Merek, Harga, Dan Distribusi Terhadap Trend Keputusan Pembelian Rokok Elektrik”

Published

2024-07-15

How to Cite

FADILLA, A., Darnilawati, D., & Alchudri. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU INTERNET TELKOMSEL PADA MASYARAKAT KOTA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Jurnal Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Suska Riau, 3(2), 528–549. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/2519