PENGARUH PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI SMA NEGERI 1 KAMPAR

Penulis

  • Raul Afdhol Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Indah Wati Korespondensi-Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Yulia Novita Korespondensi-Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Pemahaman Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman siswa dalam kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa di SMAN 1 Kampar. Penelitian ini penggunaan​ data kuantitatif. Subjeknya adalah siswa IPS Kelas XI. Objek dari penelitian ini adalah untuk memahami dampak pemahaman siswa tentang kewirausahaan terhadap minat kewirausahaan.​​ Populasinya terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kampar yang berjumlah 255 orang. Besar ukuran sampel untuk penelitian ini adalah 89 orang siswa yang dipilih menggunakan Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik data analisis teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier. Berdasarkan hasil analisis, minat berwirausaha siswa tergolong "Sangat Baik" sebesar 81,37 persen. hasil ​​​Berdasarkan analisis, minat berwirausaha siswa tergolong "Sangat Baik" sebesar 81,37 persen. Sedangkan pemahaman siswa tentang kewirausahaan mencapai rata-rata 87,08 terkategori "Sangat Baik".​​​​ Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman siswa tentang kewirausahaan dengan minat siswa berwirausaha di SMA Negeri 1 Kampar, dengan nilai t > t ( 1,984 < 8,506 > 2,364 terdapat. Proporsi kontribusi pemahaman siswa tentang kewirausahaan terhadap minat siswa berwirausaha sebesar 45,4 %, sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Referensi

Alim Bahri, dkk., The Effect of Entrepreneurship Learning and Motivation on Entrepreneurial Interest: The Role of Creativity as an Intervening Variable, Pinisi: Journal Of Entrepreneurship Review, Vol. 1, No. 3, November 2023, hal. 147-158.

Basrowi, Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011).

Dwi Lestari Ningsih, Pengaruh Pembelajaraan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK N 7 Yogyakarta, Pinisi: Journal Of Entrepreneurship Review, Vol. 1, No. 3, November 2020, hal. 147-158.

Febri Rimadani and Indri Murniawaty, Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Business Center dan Kreativitas Siswa Terhadap Jiwa Berwirausaha Siswa, Economic Education Analysis Journal, Vol. 7, No. 3 (2019): 976–991.

Franky Slamet, dkk., Dasar-dasar Kewirausahaan: Teori dan Praktek, (Jakarta: Indeks, 2014).

H. A. Rusdiana, Kewirausahaan Teori dan Praktik (Bandung: CV Pustaka Setia, 2018).

M. Mnyoba, Darmanto dan Sri Wardaya, Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah, ed. Darmanto, STIE St. Pignatelli Surakarta (Yogyakarta, 2016).

Nuryadi et al., Dasar-Dasar Statistika Penelitian, (Yogyakarta: SIBUKU MEDIA, 2017).

Reza Fahmi, PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA, JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), Volume 2, Nomor 1, Januari-Juni 2017.

Riduwan, Belajar Mudah (Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula), Bandung: Alfabeta, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Bandung, CV. Alfabeta, 2017)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013).

Suratno, Farida Kohar, Rosmiati, Ari Kurniawan, Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Media Sosial, Dan Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa/I Pada SMK Negeri 1 Kota Sungai Penuh, Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, Volume 1, Issue 5, Mei 2020

Wardani Purnama Sari dan Meri Rahmania, Pengaruh Pemahaman Kewirausahaan Dan Praktik Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 3, No. 2 (2020).

Yovinka Helena dan Supriyadi. Analisis Minat Berwirausaha di Kalangan Siswa di SMA Pasundan Majalaya. FRIMA Festival, Riset Ilmiah, Management, dan Akuntansi, 2019, h. 804-813.

Diterbitkan

2024-06-25

Cara Mengutip

Afdhol, R. ., Indah Wati, & Yulia Novita. (2024). PENGARUH PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI SMA NEGERI 1 KAMPAR. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(2), 32–44. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/2357

Terbitan

Bagian

Articles