DESAIN DAN UJICOBA TERBATAS LKPD BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECTY, RECITE, REVIEW (PQ4R)PADA MATERI EKONOMI

Penulis

  • Fadelia Rahma Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
  • Wardani Purnama Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Perdagangan Internasional, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), PQ4R

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis PQ4R pada materi perdagangan internasional untuk kelas XI di SMA Taruna Mandiri Pekanbaru yang valid berdasarkan aspek kelayakan isi, karakteristik PQ4R, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan (Research & Development) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3-D (Define, Design, Develop). Penelitian ini dilaksanakan hanya sampai tahap develop dan di ikuti uji respon pengguna. Objek penelitian berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis PQ4R. Instrumen pengumpulan data berupa lembaran validasi yang di isi oleh 2 orang validator, hasil analisis data didapatkan skor validitas dari aspek kelayakan isi, karakteristik PQ4R, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan berturut-turut yaitu 82,14%, 89,28%, 93,75%, 96,87%, dan 91,67% dengan kategori valid. LKPD yang sudah valid bagi validator diuji cobakan terhadap 20 orang peserta didik dan diperoleh hasil respon sebesar 87,1% dengan kriteria sangat baik, serta 1 orang guru dan diperoleh skor yaitu 3,56 dengan kriteria sangat baik. Berlandaskan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis PQ4R yang dikembangkan valid dan bisa diterapkan dalam proses pembelajaran pada materi perdagangan internasional

Referensi

Abdullah idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Andi Supangat, Statistika: Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi dan Nonparametrik, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2008.

Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Edisi Revisi. Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2002.

Ni Nyoman Parwati, Belajar dan Pembelajaran, Depok: PT Raja Grafindo Persada. 2019.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel- variabel Penelitian, Alfabeta. Bandung, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R And D, (Bandung

; Alfabeta), 2016

Yaya Suryana Metode Penelitian Manajemen Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Yuni Yamasari, Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas.Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS ISBN No. 979- 545-0270-1. 04 Agustus 2010.

FMIPA UNESA. Sur

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-18

Cara Mengutip

Rahma, F., & Purnama Sari, W. (2023). DESAIN DAN UJICOBA TERBATAS LKPD BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECTY, RECITE, REVIEW (PQ4R)PADA MATERI EKONOMI. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(1), 34–41. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/1342

Terbitan

Bagian

Articles