PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM KONSEP EKONOMI

Penulis

  • Ramiani Rahayu UIN SUSKA RIAU
  • Muhammad Iqbal Lubis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Pemahaman Konsep

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah ekonomi yang disajikan dalam bentuk soal yang bertujuan pada penekanan pemahaman konsep suatu pokok bahasan tertentu. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MA Al-Muhajirin Tapung. Sedangkan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi. Adapun populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X IIS, X MIA, dan XI IIS yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana yaitu rhitunglebih besar dari rtabeluntuk kesalahan 5% (0,290 > 0,270). Maka Hoditolak dan Haditerima. Kontribusi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap pemahaman konsep siswa sebesar 8,4%, sedangkan sisanya (100% - 8,4% = 91,6%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini

Referensi

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012), Hlm. 43

Effiyati Prihatini. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif. Vol. 7. No. 2.

Imam Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbut Universitas Diponogoro.

Jonathan Sarwono. 2010. Pintar Menulis Karangan Ilmiah Kunci Sukses Dalam Menulis Ilmiah. Yogyakarta: Andi.

Lailatis Syarifah. 2017. Teori Dasar Ekonomi Makro Dalam Literatur Islam Klasik. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Vol. I .No. 1.

Liani Niliawati. 2018. Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Compasition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Vol. 3. No. 1.

Moh. Hasyim. 2011. Pencapaian Standar Kompetensi Dalam Kurikulum 2006 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Di SMA Negeri 11 Semarang, Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. 6. No. 1.

Muh. Sabring L. 2019. Efforts To Improve The Learning Outcomes Of Indonesian Of 7th Grade Students In SMPN 9 Sorong Through The Implementation Of The Cooperative Model Integrated Reading And Composition. Global Science Education Journal. Vol. 1. No. 2.

Muhammad Afandi. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Riawaty Dewi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative, Integrated, Reading, And Composition Berbasis Media Peta Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia, Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.3. No. 2.

Riduwan. 2020. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

Syahrul Falah. 2016. Hubungan Motivasi Belajar Dan Perilaku Hidup Sehat Dengan Prestasi Belajar Kejuruan Otomotif Kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Taman Vokasi. Vol. 4. No. 2.

Wina Dwi Puspitasari. 2019. Efektivitas Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 5. No.1.

Yuni Suantini. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV Di Gugus II Kecamatan Gerokgak. Mimbar PGSD Undiksha. Vol.1. No.1.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-18 — Diperbaharui pada 2023-10-31

Versi

Cara Mengutip

Rahayu, R., & Iqbal Lubis, M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM KONSEP EKONOMI. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(1), 71–82. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/63 (Original work published 18 Agustus 2023)

Terbitan

Bagian

Articles