Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar: Studi Kasus di SMAN 1 Kampar
Keywords:
Bahasa Indonesia, INdonesia, Self-Efficacy, Self-Regulated LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara efikasi diri siswa terhadap
kemandirian belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar
belakangi oleh rendahnya tingkat kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 di Sekolah
Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII
IPS yang berjumlah 121 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 92 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk
menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis
diperoleh nilai r hitung > r tabel baik dalam taraf signifikan 5% maupun 1% (0,683 > 0,207) dan (0,683 > 0,267)
sehingga Ho ditolak Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara efikasi diri siswa terhadap
kemandirian belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Tingkat efikasi diri
siswa diperoleh sebesar 46,7%, sedangkan sisanya sebesar 53,3% dipengaruhi oleh faktor lain atau
dijelaskan oelh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
References
Arya Firmanu Jendra. Sugiyo, 2020 “Pengaruh Efikasi Diri Terhada Kecemasan Presentasi Siswa
Kalas XI Di SMA Negeri Wuryantoro” Jurnal Guidance and Counsling, Vol. 4, No. 1. Emilia Rosita Linggasari. 2019. Pengaruh Efikasi Diri Dan Pola Asuh Authoritative Terhadap
Kemandirian Belajar Siswa Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 3 tahun ke-8. Ewy Diryatika dan Amiati. 2023 “ Pengaruh Efikasi Siri (Self Efficacy) Terhadap Kemandirian
Belajar Sisiwa” Jurnal Ecogen, Vol. 6, No.1. Firdaus Daud. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil
Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 19, Nomor 2. Hairini Novilita. Suharnan. 2013 “Konsep Diri Adversity dan Kemandirian Belajar Siswa”, Hasnul Mawaddah. 2019 “ Analisis Efikasi Diri Mahasiswa Psikologi Unimal” Jurnal Psikologi
Terapan, Vol. 2, No. 2. Juz Indrianti, Muh Daud dan Novita Maulidya Djalal. 2022 “ Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan
Kemandirian Belajar Didwa Di SMKN 3 Pangkep “ Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan
Humaniora, Vol.2, No.1. Nobelina Adicondro. Alfi Purnamasari. 2011. Efikasi Diri Dukungan Sosial Keluarga dan Self- Regulated Learning Pada Siswa Kelas VIII, Humanitas, Vol.8 No.1. . Yulia Evalina. 2015 “Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat
Berwirausaha Siswa” Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, Vol. 1, No. 1. Yuyun Elizabeth Patras. Siti Horiah. Dendi Saeful Zen. Rais hidayat. 2021. “ Pengaruh Efikasi Diri
Terhadap Kemandirian Belajar Siswa” Edum Journal, Vol 4, No 2
Published
Versions
- 2024-06-27 (2)
- 2024-06-25 (1)