This is an outdated version published on 2024-06-25. Read the most recent version.

Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar: Studi Kasus di SMAN 1 Kampar

Authors

  • darni darni UIN SUSKA RIAU
  • Wirdatul Jannah

Keywords:

Bahasa Indonesia, INdonesia, Self-Efficacy, Self-Regulated Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara efikasi diri siswa terhadap

kemandirian belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar

belakangi oleh rendahnya tingkat kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian

dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 di Sekolah

Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII

IPS yang berjumlah 121 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 92 orang. Teknik

pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk

menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis

diperoleh nilai r hitung > r tabel baik dalam taraf signifikan 5% maupun 1% (0,683 > 0,207) dan (0,683 > 0,267)

sehingga Ho ditolak Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara efikasi diri siswa terhadap

kemandirian belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Tingkat efikasi diri

siswa diperoleh sebesar 46,7%, sedangkan sisanya sebesar 53,3% dipengaruhi oleh faktor lain atau

dijelaskan oelh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

References

Arya Firmanu Jendra. Sugiyo, 2020 “Pengaruh Efikasi Diri Terhada Kecemasan Presentasi Siswa

Kalas XI Di SMA Negeri Wuryantoro” Jurnal Guidance and Counsling, Vol. 4, No. 1. Emilia Rosita Linggasari. 2019. Pengaruh Efikasi Diri Dan Pola Asuh Authoritative Terhadap

Kemandirian Belajar Siswa Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 3 tahun ke-8. Ewy Diryatika dan Amiati. 2023 “ Pengaruh Efikasi Siri (Self Efficacy) Terhadap Kemandirian

Belajar Sisiwa” Jurnal Ecogen, Vol. 6, No.1. Firdaus Daud. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil

Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 19, Nomor 2. Hairini Novilita. Suharnan. 2013 “Konsep Diri Adversity dan Kemandirian Belajar Siswa”, Hasnul Mawaddah. 2019 “ Analisis Efikasi Diri Mahasiswa Psikologi Unimal” Jurnal Psikologi

Terapan, Vol. 2, No. 2. Juz Indrianti, Muh Daud dan Novita Maulidya Djalal. 2022 “ Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan

Kemandirian Belajar Didwa Di SMKN 3 Pangkep “ Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan

Humaniora, Vol.2, No.1. Nobelina Adicondro. Alfi Purnamasari. 2011. Efikasi Diri Dukungan Sosial Keluarga dan Self- Regulated Learning Pada Siswa Kelas VIII, Humanitas, Vol.8 No.1. . Yulia Evalina. 2015 “Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat

Berwirausaha Siswa” Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, Vol. 1, No. 1. Yuyun Elizabeth Patras. Siti Horiah. Dendi Saeful Zen. Rais hidayat. 2021. “ Pengaruh Efikasi Diri

Terhadap Kemandirian Belajar Siswa” Edum Journal, Vol 4, No 2

Published

2024-06-25

Versions

How to Cite

darni, D., & Jannah, W. . (2024). Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar: Studi Kasus di SMAN 1 Kampar. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(2), 73–82. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/2796