ANALISIS PEMBERLAKUAN POINT PELANGGARAN PADA JURUSAN IPA DAN IPS

Authors

  • Yulia Novita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
  • Ramanda Olinda Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Roswati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberlakuan poin pelanggaran pada jurusan IPA dan IPS kelas XI di SMA Negeri 2 Kampar Timur. Jenis penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dan IPS sebanyak 63 orang, sedangkan yang menjadi objek analisis pemberlakuan poin pelanggaran pada jurusan IPA dan IPS kelas XI di SMA Negeri 2 Kampar Timur. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberlakuan poin pelanggaran berdasarkan aspek disiplin kehadiran siswa sebesar 81,71% dan tergolong paling rendah, pada aspek kepribadian siswa sebesar 95,30% dan tergolong paling tinggi, pada aspek disiplin belajar siswa sebesar 84,48% dan tergolong tinggi, dan pada aspek berpakaian dan kerapian siswa mendapatkan rata-rata tergolong tinggi 85,58%.

Kata Kunci: Pemberlakuan, Poin Pelanggaran

References

Aini, Quratun. 2021. Layanan Bimbingan Kelompok Upaya Meningkatkan Disiplin Berseragam Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Mataram. (Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram, Volume 8, Nomor 3, September 2021, p-ISSN 2355-9292, e-ISSN 2775-2177)

Buku Poin Pelanggaran Siswa / Siswi SMA Negeri 2 Kampar Timur

Fitriwati, Cahyo Dkk. 2015. Penerapan Sistem Poin Dalam Menanggulangi Siswa yang Melanggar Aturan di SMA N 2 Pontianak. (Pendidikan Sosiologi FKIP UNTAN. 2015).

Hidayat, Rahmat dkk. 2018. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Membentuk Kepribadian Siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor. (Prosiding Al-Hidayat Pendidikan Agama Islam, 2018, p-ISSN 2654-5829, e-ISSN 2654 3753)

Iran, Dkk. 2017. Poin Hukuman Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa SMA. (Manager Pendidikan, Volume 11, Nomor 4, Juli 2017, ISSN: 1979-732X).

Karo, Rizky Karo dkk. 2018. Upaya Prefentif Terhadap Prostitusi Online berdasarkan Undang-undang yang Berlaku di Indonesia. (Lex Jurnal: Kajian Hukum & Keadilan, Volume 5, Nomor 2, Desember 2018, e-ISSN 2580-9113, p-ISSN 2581-2033)

Maleong, Lexy. 2018. Metode Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sari, Anjar. 2020. Kolerasi Tingkat Kehadiran Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pontianak. (Jurnal Pendidikan Islam: Tarbawi

Khatulistiwa, Volume 6, Nomor 2, 2020, p-ISSN 2528-4487, e-ISSN 2442-756X)

Sari, Bela Puspita, Hady Siti Hadijah. 2017. Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas. (Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 2, Nomor 2, Juni 2017, e-ISSN 2656-4734)

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Winarni, Endang Widi. 2018. Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara

Published

2023-08-18 — Updated on 2023-10-31

Versions

How to Cite

Novita, Y., Olinda, R., & Roswati. (2023). ANALISIS PEMBERLAKUAN POINT PELANGGARAN PADA JURUSAN IPA DAN IPS. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(1), 64–70. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/1351 (Original work published August 18, 2023)